Rizal Ramli laporkan Ibu Ani dan Boediono ke KPK

Jumat, 9 Maret 2012 15:52 Reporter : Putri Artika R
Rizal Ramli laporkan Ibu Ani dan Boediono ke KPK Rizal Ramli. dok/merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Menteri Perekonomian era Presiden Gus Dur, Rizal Ramli melaporkan sejumlah nama petinggi di Indonesia ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Langkah tersebut diambilnya karena geram melihat penuntasan kasus bail out Bank Century yang tak kunjung menemukan titik terang.

Beberapa nama yang dilaporkan Rizal ke KPK adalah Ibu dan Wapres Boediono. Menurutnya, Boediono menyetujui memberi dana talangan (bail out) Rp 502,07 miliar. Hal itu disampaikan Rizal dalam rilis yang dibagikan langsung pada wartawan di Gedung KPK.

"Boediono telah memerintahkan Deputi Gubernur BI menyelamatkan Bank Century," kata Rizal Ramli dalam rilis tersebut. Rizal datang bersama dikawal oleh lima orang ajudannya. Dia tiba di Gedung KPK sekitar pukul 13.50 WIB.

Terkait peran , Rizal yakin bahwa istri Presiden SBY itu juga mengetahui soal bail out Bank Century saat itu.

"Dia pernah menyela pembicaraan soal Century antara Sri Mulyani dan Presiden Yudhoyono. Itu menunjukkan mereka sudah mengetahui adanya kebijakan menolong Century," jelasnya.

Tak hanya melaporkan dua orang terdekat SBY itu, Rizal juga melaporkan mantan Menkeu Sri Mulyani, mantan Deputi Gubernur Senior BI Miranda S Gultom dan mantan Deputi Gubernur BI Siti Chalimah Fadjrijah. Menurut Rizal, ketiga orang juga tersebut mengetahui soal bail out Century.

"Sri Mulyani mengetahui adanya putusan menolong Bank Century dengan mengubah aturan bail out. Miranda memegang kartu truf Bank Century, dan Siti Fadjrijah yang semula menolak keras mendadak lunak," imbuhnya. [lis]

Topik berita Terkait:
  1. Rizal Ramli
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini