Ribuan peserta mudik gratis Kemenhub diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi

Jumat, 22 Juni 2018 02:00 Reporter : Arie Sunaryo
Ribuan peserta mudik gratis Kemenhub diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Terminal Tirtonadi. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Ribuan pemudik asal Solo dan sekitarnya akan diberangkatkan kembali ke Jakarta melalui Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (22/6) besok. Sebanyak 69 armada bus disiapkan untuk mengangkut 3.105 penumpang yang merupakan peserta program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengatakan, agar perjalanan mereka lancar dan aman, pihaknya akan menyiapkan seluruh armada di terminal tersibuk di Jawa Tengah tersebut pada Kamis malam.

"Kamis malam ini seluruh armada sudah kita siagakan di terminal. Seremonial akan kita lakukan besok pagi. Dari 69 bus itu total terdapat 3.105 peserta program mudik gratis Kemenhub," ujar Joko, Kamis (21/6).

Joko menjelaskan, armada akan disiapkan di dekat bengkel sisi timur terminal. Diharapkan penumpang bisa memulai perjalanan dan tidak ada penumpukan armada saat perjalanan.

Sebelum keberangkatan penumpang, sepeda motor pemudik gratis terlebih dahulu diangkut menggunakan belasan truk. Pengangkutan dilakukan sejak Rabu (20/6) malam dan Kamis siang. Diharapkan pada Kamis siang, angkutan sepeda motor milik pemudik sudah selesai.

"Rencananya keberangkatan pemudik gratis akan dilepas langsung oleh Direktur Jendral Perhubungan Darat, Budi Setiyadi," jelasnya.

Dari 69 armada tersebut, 35 unit dari Blue Star yang bisa mengangkut 1750 pemudik. Kemudian bus Senja Furnindo sebanyak 5 unit yang bisa menampung 250 orang. Kemudian bus Emenel sebanyak 4 unit dengan 200 penumpang, bus Putra Utama sebanyak 3 unit dan menampung 150 orang, bus Kailindra sebanyak 2 unit dan menampung 100 orang, bus William sebanyak 15 unit dan menampung 860 orang, serta Bus One Bus sebanyak 5 unit dan menampung 295 pemudik.

"69 bus yang digunakan pemudik untuk masa angkutan arus balik Lebaran 2018 dalam kondisi laik jalan. Kita sudah lakukan rampcheck, rata-rata fisiknya bagus," kata Joko. [rzk]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini