Punya Ombak Surfing Kelas Dunia, Mentawai Diharapkan Segera Menjadi KEK

Kamis, 14 November 2019 12:04 Reporter : Haris Kurniawan
Punya Ombak Surfing Kelas Dunia, Mentawai Diharapkan Segera Menjadi KEK Pulau Siberut di Kepulauan Mentawai. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet berharap wilayahnya segera mendapat surat resmi dari pemerintah pusat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pasalnya, banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Kepulauan Mentawai, sehingga menjadi pendapatan daerah yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat setempat.

Yudas menyampaikan, pihaknya sudah memenuhi syarat yang diperlukan supaya Kepulauan Mentawai bisa menjadi KEK. Namun, hingga kini belum ada keputusan dari pemerintah pusat.

"Semua fasilitas yang pemerintah kabupaten dan provinsi sudah kita penuhi, tinggal sekarang dibicarakan pada Dewan KEK. Mungkin masih digodok," katanya saat berbincang dengan Merdeka.com, Kamis (14/11).

Kata dia, Kepulauan Mentawai layak dijadikan KEK. Karena, keindahan alam yang mereka miliki sudah terkenal hingga ke mancanegara.

"Ombak surfing terbaik di dunia, itu ada di Mentawai. Keunggulan kita, yakni sudah dikenal di Australia, Jepang, Brazil hingga Amerika. Mentawai ini sudah terkenal, tidak sulit kita jual," katanya.

Yudas juga menyampaikan, apabila Kepulauan Mentawai menjadi KEK, maka bisa membuat kabupaten ini terlepas dari daerah yang mendapat predikat tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Karena, dengan dijadikannya Mentawai sebagai KEK, ke depan bakal banyak menyerap tenaga kerja di wilayah itu, sehingga masyarakat bisa semakin sejahtera.

"Jadi, KEK ini salah satu strategi agar kami terentaskan dari daerah 3T. Oleh karena itu, kita berharap betul tahun depan Pak Presiden tahun depan bisa menjadikan kita sebagai KEK," tuntasnya. [hrs]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini