PT KAI Hentikan Operasional KA Kalijaga Relasi Solo-Semarang

Senin, 2 Desember 2019 23:32 Reporter : Arie Sunaryo
PT KAI Hentikan Operasional KA Kalijaga Relasi Solo-Semarang Rencana Pemindahan Pelayanan Kereta Api Jarak Jauh. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghentikan operasional KA Kalijaga relasi Solo-Semarang, mulai Minggu (1/12). Selanjutnya, jurusan tersebut digantikan oleh KA Joglosemarkerto dengan relasi yang lebih panjang, Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budianto membenarkan penghentian operasional KA Kalijaga tersebut. Kendati demikian pihaknya masih mengakomodasi warga yang ingin memanfaatkan transportasi umum KA untuk relasi Solo-Semarang.

"KA Kalijaga biasanya berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Poncol pukul 08.00 WIB. Untuk KA Joglosemarkerto jadwalnya berubah, dari Solo pukul 05.10 WIB," ujar Eko, Senin (2/12).

Sementara itu untuk harga tiket KA Joglosemarkerto, dikatakan Eko, memang lebih mahal, karena tidak ada subsidi. Jika tiket KA Kalijaga dijual Rp10.000 per orang, untuk KA Joglosemarkerto dijual mulai dari Rp50.000. KA ini juga melayani kelas eksekutif dan ekonomi.

Menurut Eko, jadwal perjalanan KA Joglosemarkerto dengan rute Solo-Semarang diberangkatkan dengan tiga jadwal berbeda sesuai relasi masing-masing.

"Untuk relasi Solo-Purwokerto-Tegal-Semarang Tawang-Solo-Yogyakarta dijadwalkan berangkat pukul 06.05 WIB. Sedangkan relasi Purwokerto-Tegal-Semarang Tawang-Solo berangkat dari Solo pukul 17.54 WIB," pungkas Eko. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini