Polres Depok Mulai Terapkan ETLE Mulai Hari Ini

Rabu, 24 Maret 2021 21:20 Reporter : Nur Fauziah
Polres Depok Mulai Terapkan ETLE Mulai Hari Ini Polda Metro targetkan 100 kamera tilang elektronik terpasang di 2021. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) resmi diterapkan di Kota Depok mulai hari ini, rabu (24/3).

Untuk tahap awal, sistem baru akan merekam dua jenis pelanggaran pengendara roda empat. Yaitu tidak menggunakan safety belt dan penggunaan ponsel saat berkendara.

Namun ke depan akan ada pelanggaran lain yang juga ditindak yaitu pengendara motor yang tidak menggunakan helm.

"Penindakan pelanggarannya sendiri bertahap. Pertama, pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan dan menggunakan handphone pada saat berkendara," kata Kasat Lantas Polres Metro Depok AKPB Andi Indra Waspada, Rabu (24/3).

Penerapan pelanggaran jenis ini mulai berlaku pekan depan. Pengendara motor yang tidak menggunakan helm akan terekam kamera selanjutnya surat pemberitahuan akan dikirim ke alamat kendaraan yang melanggar.

"Dalam waktu dekat nanti juga mami akan menyiapkan pelanggaran tidak menggunakan helm. Kurang-lebih 2 minggu ke depan, aplikasi berkaitan sistem (ETLE) tidak menggunakan helm bisa kita lakukan," jelasnya.

Untuk saat ini kamera pemantau ETLE baru terpasang di satu titik. Tahap selanjutnya akan ditambah di Jalan Ir H Juanda dan wilayah Cimanggis.

"Ya nanti akan ada penambahan lagi titiknya. Untuk saat ini baru satu titik," ungkap Andi.

Nantinya juga akan diterapkan sistem tilang elektronik bergerak. Artinya, kamera ETLE terpasang pada kendaraan patroli polisi.

"Kepada masyarakat, kami mengimbau khususnya warga Kota Depok yang ada, jangan hanya (tertib lalu lintas) ketika ada petugas tapi ketika tidak ada petugas rekan-rekan tidak melaksanakan tertib lalu lintas," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini