Polisi Lepas 10 Mahasiswa yang Bentangkan Poster saat Kunjungan Jokowi ke UNS

Senin, 13 September 2021 22:00 Reporter : Arie Sunaryo
Polisi Lepas 10 Mahasiswa yang Bentangkan Poster saat Kunjungan Jokowi ke UNS Seorang mahasiswa mengangkat poster saat Presiden Jokowi mengunjungi UNS. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Polresta Surakarta akhirnya melepaskan 10 mahasiswa yang membentangkan poster saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Universitas Sebelas Maret (UNS), Senin (13/9). Mereka telah dipulangkan ke kampus UNS.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, ada 10 mahasiswa yang diamankan saat kunjungan Presiden. Kata dia, mereka hanya diberikan pemahaman dan pengertian.

"Adik-adik mahasiswa sudah diantar petugas kami kembali ke UNS," ujar Ade.

Mantan Kapolres Karanganyar itu mengatakan, 10 mahasiswa sudah diantar ke kampus UNS pada Senin (13/9) sore. Sebelum dipulangkan mereka dimintai klarifikasi atas aksinya di depan kampus UNS.

Pihaknya juga memberikan pemahaman serta pengertian terkait penyampaian pendapat. "Tidak ada penangkapan, apalagi penahanan. Kita hanya berikan pemahaman," tandasnya.

Ade menyampaikan, dalam menyampaikan pendapat di muka umum, yang tidak boleh diabaikan adalah tata cara yang harus dipatuhi. Sesuai regulasi, kata dia, harus ada pemberitahuan kepada Polri.

"Harus ada pemberitahuan terkait agenda dan materi unjuk rasa, sehingga Polri akan memberikan pengamanan," tandasnya.

Selain itu, lanjut Ade, saat ini Kota Solo masih dalam situasi pandemi Covid-19. Semua kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan tidak diperbolehkan.

"Kerumunan itu rentan terhadap penyebaran Covid secara masif, sehingga tidak kita perbolehkan," pungkas Ade. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini