Pesan Mensos Soal BTS ke Warga: Jangan Dibelikan Rokok, Itu Untuk Keluarga

Senin, 11 Mei 2020 00:01 Reporter : Aksara Bebey
Pesan Mensos Soal BTS ke Warga: Jangan Dibelikan Rokok, Itu Untuk Keluarga mensos juliari batubara. ©2020 BNPB

Merdeka.com - Kementerian Sosial (Kemensos) mulai fokus mendistribusikan bantuan sosial tunai (BTS) di luar wilayah Jabodetabek dengan target 1,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Semua itu akan diakselerasi dalam satu pekan ke depan.

Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara menjelaskan, bantuan tunai tersebut sebesar Rp600 ribu dengan sasaran KPM yang terdampak Covid-19. Nominal itu harus cukup untuk dibelikan kebutuhan primer.

"Jangan dibelikan rokok, itu untuk keluarga. Beli yang penting-penting," kata Juliari ketika meninjau langsung penyaluran BST di Kantor Pos Cimahi, Jalan Gatot Subroto, Minggu (10/5).

Berdasarkan data Kemensos, jumlah penerima BST di Provinsi Jabar sebanyak 321.016 keluarga penerima manfaat dengan rincian penyaluran melalui PT Pos Indonesia sebanyak 285.552 KPM, Bank BNI sebanyak 5.953 KPM, BRI sebanyak 18.296, Bank BTN sebanyak 826 dan melalui Bank Mandiri 10.389 KPM.

Masyarakat yang tidak terbantu melalui program ini, akan dibantu oleh program bantuan lain yang bersumber dari bantuan Pemprov maupun pemerintah daerah. Maka dari itu, ia meminta intervensi dari pemerintah daerah bagi warga terdampak Covid-19 yang belum dapat bantuan dari pemerintah pusat.

Alasannya, ia mengakui bahwa bantuan Rp600 ribu secara keseluruhan tidak akan mencukupi kebutuhan masyarakat. Di samping itu, akurasi data masyarakat yang berhak menerima bantuan harus terus diperbaiki agar tidak terjadi polemik di antara masyarakat.

Dengan adanya perbaharuan data dari pemerintah daerah, maka diharapkan target 9 juta KPM penerima BST dapat tersalurkan untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

"Agar ke depannya data ini bisa di-update untuk masuk ke DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Kalau tidak masuk, nanti akan sulit untuk mendapat bantuan," pungkasnya. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini