Pesan Komisi X DPR pada Mendikbud Nadiem: Perundungan di Sekolah Semakin Parah

Kamis, 20 Februari 2020 19:18 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pesan Komisi X DPR pada Mendikbud Nadiem: Perundungan di Sekolah Semakin Parah Mendikbud Nadiem Makarim rapat di DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Anggota Komisi X Fraksi Demokrat Bramantyo Suwono mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberi perhatian khusus pada aksi perundungan yang terjadi di sekolah. Hal ini dia sampaikan dalam rapat kerja dengan Mendikbud Nadiem Makarim.

"Beberapa program sudah luar biasa tapi sepertinya kita sudah harus fokus pada isu perundungan ini agar bisa diselesaikan. Karena menurut saya sudah semakin genting dan parah," kata dia, di Ruang Rapat Komisi X, Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (20/2).

Sejauh ini, sudah cukup banyak kasus perundungan yang dialami siswa-siswi di sekolah. Termasuk di daerah pemilihannya.

"Beberapa waktu kita dengar ada anak sekolah yang melompat dari sekolah. Ada anak perempuan yang di-bully oleh teman-temannya, di dapil saya di Bogorejo," ungkapnya.

Dia mengakui memang butuh kerja sama banyak elemen masyarakat dalam mengatasi problem tersebut. Meskipun demikian, dia mengharapkan Kemendikbud dapat memainkan peran yang menjadi tanggung jawabnya. Termasuk guru yang juga berperan sebagai orang tua di sekolah.

"Terkadang korban tidak bisa terlihat dari sosoknya mungkin senang-senang saja tapi di dalamnya mereka merasa rapuh dan ini saya dorong kepada guru-guru untuk memiliki komunikasi yang lebih baik dan lebih dekat lagi pada anak muridnya agar bisa tercipta suasana nyaman dan murid bisa lebih terbuka tentang situasi yang dia rasakan," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Setop Perundungan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini