Penyelundupan 120 kg susu sapi beku dan ikan koi digagalkan

Rabu, 8 Februari 2017 04:29 Reporter : Gede Nadi Jaya
Penyelundupan susu sapi beku dan ikan koi di Bali. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Upaya penyelundupan melalui Pelabuhan Gilimanuk masih terus terjadi. Terbaru, petugas pelabuhan menggagalkan upaya penyelundupan 120 Kg susu sapi beku dan dua plastik besar Ikan Koi pada Selasa (7/2). Barang tersebut diamankan karena tidak dilengkapi dokumen resmi dari Balai Karantina.

Susu Sapi beku dan puluhan Ikan Koi itu dibawa Bus Tiara Mas nopol EA 7282 A yang dikemudikan oleh Imam Syafii (44) asal Banyuwangi, Jawa Timur. Ada puluhan bungkus Susu Sapi beku yang ditempatkan dalam 8 boks kardus rokok. Petugas juga mendapati 55 ekor Ikan Koi yang ditempatkan dalam 6 bungkus plastik besar.

Kapolsek Gilimanuk, Kompol Anak Agung Gede Arka menuturkan, berdasarkan keterangan sopir bus, susu Sapi beku ini dikirim dari Malang, Jawa Timur dengan tujuan Mataram, NTB. Sedangkan untuk Ikan Koi hendak dikirim dengan tujuan terminal Ubung, Denpasar.

"Keduanya tidak dilengkapi dengan dokumen resmi dari Balai Karantina terkait, pemilik dan pemesannya juga beda-beda. Untuk proses lebih lanjut sudah kita serahkan masing-masing ke Balai Karantina Pertanian untuk Susu Sapi beku dan Balai Karantina Ikan untuk Ikan Koinya," ujar Arka.

Penanggung Jawab Balai Karantina Pertanian Wilayah Kerja (Wilker) Gilimanuk, drh. I Nyoman Budhiarta mengaku telah menerima limpahan barang bukti berupa 8 boks besar berisi susu sapi beku ilegal. Saat ini pihaknya masih menunggu konfirmasi dari pemilik susu sapi beku ilegal ini guna tindak lanjut Karantinanya.

Setelah dihitung, total Susu Sapi bekunya yang berhasil disita mencapai 120 Kg. Meskipun sekedar Susu Sapi tapi tetap wajib menyertakan sertifikat kesehatan resmi dari Balai Karantina di tempat asalnya. "Kita masih menunggu pemiliknya dan tindakan Karantinanya tergantung Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar," ucap Budhiarta. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Penyelundupan
  2. Denpasar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.