Pengungsi Banjir Aceh Utara Mulai Terserang Penyakit, Polisi Dirikan RS Lapangan

Rabu, 5 Januari 2022 17:40 Reporter : Alfath Asmunda
Pengungsi Banjir Aceh Utara Mulai Terserang Penyakit, Polisi Dirikan RS Lapangan Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar meninjau rumah sakit lapangan untuk warga terdampak banjir Aceh Utara. ©2022 Merdeka.com/Humas Polda Aceh

Merdeka.com - Warga yang mengungsi akibat banjir di Aceh Utara mulai terserang penyakit. Kepolisian Daerah (Polda) Aceh pun mendirikan rumah sakit lapangan di Desa Tutong, Kecamatan Lhoksukon, untuk membantu mereka.

Pendirian rumah sakit lapangan itu ditinjau langsung Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar. Dia juga mengantarkan bantuan untuk korban banjir.

"Rumah sakit lapangan ini untuk memudahkan korban terdampak banjir mendapat pelayanan kesehatan. Sedikitnya mereka telah melayani 350 pengungsi banjir hari ini," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, Rabu (5/1). [yan]

Baca juga:
Berhari-hari Aceh Diterjang Banjir, Ini Peta Sebaran Bencana
Jembatan Penghubung Aceh Timur dan Gayo Lues Ambruk Diterjang Banjir

Dia menyebut, korban banjir di Aceh Utara mulai mengeluhkan berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, demam, batuk, pilek, nyeri lambung, pusing, dan sulit tidur.

2 dari 2 halaman

Beroperasi Lima Hari

Rumah sakit lapangan itu akan beroperasi lima hari ke depan. Pengungsi yang sakit dapat dilayani di fasilitas itu sembari menunggu banjir surut.

Kombes Pol Winardy menyebut, Polda Aceh juga telah mendistribusikan bantuan masa panik di beberapa titik.

"Keseluruhan bantuan ada 1.000 sak beras, telur, minyak goreng, dan makanan lainnya," ujarnya.

Selain itu, personel Brimob dan Samapta Polda Aceh telah dikerahkan ke lapangan sejak hari pertama Aceh Utara dilanda banjir. Mereka membantu evakuasi warga dan mendirikan dapur umum untuk kebutuhan makanan pengungsi.

Baca juga:
Berhari-hari Aceh Diterjang Banjir, Ini Peta Sebaran Bencana
Jembatan Penghubung Aceh Timur dan Gayo Lues Ambruk Diterjang Banjir

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini