Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Tewas, Indonesia Tetap Waspada

Selasa, 29 Oktober 2019 21:45 Reporter : Merdeka
Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Tewas, Indonesia Tetap Waspada abu bakar al-baghdadi. ©Istimewa

Merdeka.com - Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan tewas dalam sebuah serangan dari operasi khusus yang dilakukan pasukan militer Amerika Serikat. Menko Polhukam Mahfud Md tidak ingin lengah terhadap pergerakan ISIS di Indonesia.

Mahfud mengatakan ISIS harus tetap diwaspadai. Tewas atau tidaknya Al Baghdadi, menurutnya, tidak mengubah pandangan terhadap gerakan ISIS di Indonesia.

"Kalau di Indonesia tewas atau tidak tewas al-Baghdadi, ISIS itu harus diwaspadai, tetap harus ditindak secara hukum kalau ada di sini. Itu kan jelas-jelas melawan rakyat dan melawan negara Indonesia," kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (29/10).

Mahfud memperingatkan supaya masyarakat harus tetap berhati-hati. Mahfud juga mengingatkan aparat tidak sembarang bertindak terhadap simpatisan ISIS di Indonesia.

"Masyarakat harus berhati-hati. Tetap saja tidak boleh sembarang bertindak, aparat, apakah itu TNI dan Polri. Harus dilihat betul apakah betul-betul yang diduga ISIS itu punya kapasitas jadi ISIS yang sungguhan. Karena itu pendekatan kemanusiaan harus tetap dilakukan, dengan sekali lagi, kalau bicara kemanusiaan seakan-akan tidak boleh bertindak, boleh," ungkap Mahfud.

Dia menuturkan, pendekatan kemanusiaan itu, jangan sampai mengorbankan manusia yang tidak berdosa atau yang dosanya tidak setimpal dengan tuduhan yang dilakukan dan tindakan yang dilakukan terhadapnya.

"Jadi harus hati-hati. Karena Indonesia ini merdeka kan untuk melindungi manusianya kan. Yaitu manusia Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini