Pemerintah Proses Penggantian Nama Kabupaten Toba Samosir Menjadi Toba

Sabtu, 14 Desember 2019 01:04 Reporter : Yan Muhardiansyah
Pemerintah Proses Penggantian Nama Kabupaten Toba Samosir Menjadi Toba Bupati Toba Samosir Darwin Siagian. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah tengah memproses penggantian nama Kabupaten Toba Samosir, Sumut, menjadi Kabupaten Toba. Penggantian nama itu rencananya akan diresmikan Maret 2020.

Rencana penggantian nama ini diungkapkan Bupati Toba Samosir Darwin Siagian kepada wartawan, Jumat (13/12). Kata dia, proses administrasi penggantian nama itu tengah berlangsung di pemerintah pusat.

Selain telah dirapatkan di kementerian terkait, tim dari Jakarta juga telah turun ke Toba Samosir. Mereka melakukan survei ke tengah masyarakat terkait rencana pergantian nama itu.

Darwin menyatakan, penggantian nama itu merupakan keinginan masyarakat Toba Samosir. Salah satu alasannya sudah ada daerah lain yang bernama Samosir.

"Semuanya keinginan masyarakat dari bawah, karena sudah ada (Kabupaten) Samosir, padahal kita Toba Samosir. Jadi penyebutannya itu," ucapnya.

Dia menjelaskan penggantian nama itu harus melalui Peraturan Pemerintah (PP). Dia yakin perubahan nama itu segera diputuskan presiden.

Pergantian nama Toba Samosir menjadi Toba direncanakan akan diumumkan pada hari jadi ke-21 kabupaten itu, 9 Maret 2020. Daerah ini resmi menjadi kabupaten pada 1999, sebagai hasil pemekaran dari Tapanuli Utara.

"Kita berharap penggantian nama dapat memberikan semangat baru untuk pembangunan di daerah ini," tutupnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Danau Toba
  3. Medan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini