Pemerintah Dapat Bantuan 500 Ventilator dari AS

Senin, 31 Agustus 2020 15:51 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pemerintah Dapat Bantuan 500 Ventilator dari AS Prabowo Raker dengan Komisi I DPR. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pemerintah mendapatkan bantuan 500 ventilator tipe LTV 2200 series beserta aksesoris lengkap dari Amerika Serikat. Bantuan tersebut merupakan tahap ke dua dari total 1.000 ventilator hibah pemerintah Amerika Serikat.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, mengatakan bantuan tersebut adalah bukti dari kerjasama antar kedua negara.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi untuk persahabatan, kerjasama, empati dan solidaritas dari Pemerintah dan seluruh warga Amerika Serikat, atas konsistensinya untuk membantu melawan Covid-19 di Indonesia," kata Prabowo dikutip dalam siaran pers, Senin (31/8).

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat, Heather Variava, mengatakan bantuan tersebut adalah bagian dari 1.000 ventilator buatan Amerika. Dia juga berharap ventilator produksi perusahaan AS Vyaire Medical dapat memberikan keringanan untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Nantinya ventilator akan didistribusikan sesuai kebutuhan Rumah Sakit di seluruh provinsi.

"Kami terus berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah dan rakyat Indonesia dalam menyelamatkan nyawa dan berupaya menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia secara aman," kata Heather.

Diketahui serah terima bantuan dilaksanakan secara simbolis oleh Duta Besar Amerika Serikat Heather Variava kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Terminal Selatan Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Minggu(30/8).

Setelah diterima Menteri Pertahanan, selanjutnya ventilator diserahkan kepada Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen menyerahkan secara simbolis sejumlah ventilator yang dialokasikan untuk Provinsi DKI Jakarta. Penyerahterimaan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Dengan diterimanya bantuan ventilator tersebut, Kemenkes akan melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan operasionalisasi ventilator bagi 60 tenaga kesehatan yang terdiri dari Dokter ICU, Perawat ICU dan Tenaga Teknisi Elektromedik dari 16 Rumah Sakit penerima ventilator. Pelatihan telah dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2020 di Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan tanggal 28 Agustus 2020 di Dinkes Provinsi Jawa Barat.

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Prabowo Subianto
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini