Pemda DIY Dapat Bantuan 1.500 APD dan 7.500 Masker Bedah

Sabtu, 4 April 2020 03:28 Reporter : Purnomo Edi
Pemda DIY Dapat Bantuan 1.500 APD dan 7.500 Masker Bedah APD Tenaga Medis. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemda DIY menerima bantuan berupa 1.500 alat pelindung diri (APD) dan 7.500 masker bedah, Jumat (3/4). Bantuan APD dan masker bedah ini pun didistribusikan ke rumah sakit dan puskesmas yang membutuhkan.

"Kita telah terima kiriman APD dari pusat yang terdiri dari 1.500 cover all dan 7.500 masker bedah. Kiriman tersebut akan didistribusi oleh Dinkes DIY sesuai mekanisme yang sudah ada atau sesuai permintaan Rumah Sakit Rujukan," ujar Jubir Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih.

Berty merinci jika masing-masing dinas kesehatan (Dinkes) di kabupaten dan kota di Yogyakarta mendapatkan masing-masing 250 APD berupa cover all dan cover shoes. Nantinya dari Dinkes Kota dan Kabupaten ini akan didistribusikan ke puskesmas dan RS non rujukan. Sementara untuk bantuan ke RS rujukan akan dikirim langsung.

Terpisah Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD DIY, Biwara Yuswantana menyebut jika bantuan APD dan masker bedah ini langsung didistribusikan hari ini.

Biwara merinci distribusi bantuan APD dan masker bedah ini meliputi 12 RS Non Rujukan dan 18 Puskesmas di Kota Yogyakarta, 18 RS Non Rujukan dan 25 Puskesmas di Kabupaten Sleman.

"Didistribusikan juga ke 7 RS Non Rujukan dan 21 Puskesmas di Kulon Progo, 4 RS Non Rujukan dan 30 Puskesmas di Kabupaten Gunungkidul dan 13 RS Non Rujukan dan 27 Puskesmas di Kabupaten Bantul," urai Biwara.

"Jumlah total fasilitas pelayanan kesehatan yang akan menerima alat kesehatan tersebut ada 54 RS dan 121 puskesmas. Setiap RS Non Rujukan di Kabupaten/Kota akan menerima 15 APD. Sedangkan setiap Puskesmas di Kabupaten/Kota akan menerima 10 APD," papar Biwara. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini