Pansel Pastikan Tak akan Umumkan 10 Capim KPK yang Diserahkan ke Jokowi

Rabu, 28 Agustus 2019 21:42 Reporter : Merdeka
Pansel Pastikan Tak akan Umumkan 10 Capim KPK yang Diserahkan ke Jokowi Pansel Capim KPK. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim Pansel KPK) Yenti Ganarsih menyebut tak akan mengumumkan 10 nama Capim KPK terpilih sebelum diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

"Enggak ada, enggak ada diumumkan. Tidak diumumkan," ujar Yenti di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Diketahui, dari 20 Capim KPK yang mengikuti uji publik akan terjaring menjadi 10 nama. 10 nama tersebut akan diserahkan Pansel kepada Jokowi yang kemudian akan diteruskan ke DPR.

Yenti mengatakan, Pansel tak akan mengumumkan 10 nama yang lulu uji publik. Menurut Yenti, keputusan diumumkannya atau tidak 10 nama itu tergantung Jokowi.

"Kita serahkan kepada Presiden. Nanti Presiden terserah beliau, apakah berkenan akan diumumkan atau bablas ke DPR, itu tidak ada aturan (10 nama diumumkan). Kami tidak umumkan, tapi serahkan kepada Presiden," kata dia.

Yenti mengatakan, dirinya dan anggota Pansel lain hanya bekerja menyeleksi dari ratusan nama menjadi 10. Setelah 10 nama dia serahkan ke Presiden, maka tugas Pansel selesai.

"Kita hanya diminta seleksi dan menyerahkan kembali ke Presiden. Lalu Presiden kalau meminta umumkan, baru kita bacakan. Betul-betul kewenangan Presiden. Saya tidak pernah menyampaikan akan diumumkan, saya akan menyerahkan kepada presiden itu saja dan kemudian presiden akan menyerahkan ke DPR. Begitu di DPR kan nanti diumumkan," kata Yenti.

Reporter: Fachrur Rozie [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini