Pakar Epidemiologi Imbau Warga Pakai Masker Berlapis Saat Kampanye dan Pencoblosan

Selasa, 15 September 2020 06:02 Reporter : Irwanto
Pakar Epidemiologi Imbau Warga Pakai Masker Berlapis Saat Kampanye dan Pencoblosan Masker. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemilihan kepala daerah (pilkada) disinyalir sangat rentan dalam penyebaran Covid-19. Protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan oleh setiap Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) selaku penanggungjawab gelaran itu.

Pakar epidemiologi, Iche Andriany Liberty mengungkapkan, pilkada disebut rawan penularan corona karena kegiatan tersebut menimbulkan kerumunan. Banyak tahapan yang mendatangkan banyak orang, mulai dari pendaftaran, kampanye, pengiriman logistik dan puncaknya hari pencoblosan.

"Jika tidak ada pengawasan yang ketat dan penerapan protokol kesehatan, maka penularan Covid-19 sangat tinggi pada tahapan pilkada," katanya, Senin (14/9).

Menurutnya, jika tetap digelar kampanye atau semacamnya yang menyebabkan banyak orang berkumpul, disarankan dilakukan di tempat terbuka. Ruang tertutup terlebih sirkulasi udara tidak memadai, penularan virus semakin tinggi.

"Bila perlu pakai masker lebih dari satu lapis, memang harus lebih ketat. Apalagi orang yang punya penyakit bawaan, masker yang dipakai bukan yang biasa tapi masker medis," ujarnya.

Iche mengakui tujuh daerah yang digelar pilkada tidak berstatus zona merah penularan Corona. Hanya saja, dirinya mengingatkan kembali protokol kesehatan menjadi penting dan melihat kasus aktif serta tingkat pemeriksaan di daerah.

Baca Selanjutnya: Apalagi kata dia tingkat pemeriksaan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini