Mobil water cannon diterjunkan bantu warga Karawang atasi krisis air

Kamis, 2 Agustus 2018 23:23 Reporter : Bram Salam
Mobil water cannon diterjunkan bantu warga Karawang atasi krisis air water cannon bantu warga kekurangan air di karawang. ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Ribuan liter air bersih didistribusikan kepada warga Karawang yang sedang dilanda krisis air bersih. Polres Karawang bahkan mengerahkan mobil water cannon.

Dengan menggunakan mobil water cannon Polisi mengirimkan air bersih itu ke sejumlah titik. Seperti warga Palasari Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Karawang pada Kamis (3/8).

Hanya dalam waktu dua jam, mobil dengan kapasitas 8 ribu liter itu ludes diserbu warga. Mereka bahkan sempat berebut agar wadah untuk menampung air yang mereka bawa bisa terisi.

water cannon bantu warga kekurangan air di karawang ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Agar situasi terkendali, sejumlah petugas kepolisian kemudian mengisi jeriken dan ember milik warga yang sudah menunggu kedatangan pembagian air bersih dari Polres Karawang tersebut.

"Pembagian air bersih dilakukan di tiga titik yang mengalami krisis air bersih bagi warga terdampak kekeringan selama bulan ini," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya.

Dia menuturkan bantuan air bersih yang dibagikan kepada warga sebanyak tiga tangki salah satunya menggunakan Water canon. Air yang disalurkan merupakan air dari PDAM yang bisa dikonsumsi.

"Kami membagikan air bersih kepada warga menggunakan kendaraan taktis , sisanya bantuan dari BPBD dan Dinsos," kata Slamet.

water cannon bantu warga kekurangan air di karawang ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Salah seorang warga mengatakan, pembagian air bersih ini sangat membantu. "Sebelum mendapatkan air bersih dari Polres, kami membeli air Rp 10 ribu per jeriken untuk kebutuhan minum dan memasak," kata Lisna.

Warga berharap, bantuan air bersih dari Polres Karawang yang secara gratis ini rutin di lakukan selama musim kemarau panjang yang melanda.

Krisis air bersih di Karawang saat ini terjadi di dua kecamatan yaitu Kecamatan Tegal Waru dan Pangkalan. Sumur dan sumber air diwilayah itu sudah mengering sejak satu bulan terakhir. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini