Meski Didampingi Ma'ruf Amin, Jokowi Tetap Kalah di Banten

Kamis, 18 April 2019 11:09 Reporter : Dwi Prasetya
Meski Didampingi Ma'ruf Amin, Jokowi Tetap Kalah di Banten jokowi-maruf tanggapi Hasil hitung cepat. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Perolehan suara hasil hitung cepat menunjukkan perolehan suara Joko Widodo masih kalah oleh Prabowo Subianto di Provinsi Banten. Meskipun pada Pilpres 2019 ini, Jokowi didampingi putra daerah, Ma'ruf Amin.

Dikutip merdeka.com dari sejumlah lembaga survei, selisih suara dua pasangan ini rata-rata dua digit.

Lembaga survei Indo Barometer merilis perolehan suara nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin: 37,5 persen dan nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno: 62,95 persen.

Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis perolehan suara nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin: 37,49 persen dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 62,51 persen.

Lembaga survei Indikator merilis perolehan suara nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin: 36,79 persen dan nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno: 63,21 persen.

Lembaga Survei Charta Politika merilis perolehan suara nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin: 40,9 persen dan nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno: 59.1 persen.

Hasil ini menunjukkan bahwa suara Prabowo masih kuat di Provinsi Banten, seperti Pemilu 2014 lalu. Lima tahun lalu, Banten merupakan basis pemilih dari Prabowo. Jokowi yang kala itu berpasangan dengan Jusuf Kalla kalah telak dari rivalnya Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa dengan selisih suara 42,9 persen dan 57,1 persen.

Menanggapi hasil ini, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Jokowi-Amin di Banten Asep Rahmatullah menjelaskan fenomena pemilih di Banten memiliki karakter yang sulit diubah sehingga perolehan suara tidak jauh berbeda seperti pada Pemilu tahun 2014.

"Bayangkan Kiai Maruf yang orang Banten tidak bisa mengubah ini kan pengulangan terhadap konteks kemenangan (Prabowo) pada 2014," kata Asep saat dikonfirmasi, Kamis (18/4).

Hasil ini membuat target perolehan suara Jokowi meleset di Banten. Sebelumnya Tim Kampanye Nasional dan TKD menargetkan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf yakni 55 persen.

"Makanya kita semalam diskusi hasil daripada laporan setiap DPC, C1 segala macem, apa penyebabnya? Kita akan melakukan analisa, kalau saya simpulkan ya itu," katanya.

Diketahui, pada Pilpres 2019 ini pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah mendapat dukungan Keluarga besar Almarhum Tubagus Chasan Sochib, namun tetap kalah bahkan di TPS kelaurga tersebut pun perolehan suara Jokowi-Amin kalah telak oleh Prabowo-Sandi. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini