Mensos Targetkan Penyaluran BST Sebelum Lebaran Harus Mencapai 8,3 Juta KK

Jumat, 22 Mei 2020 04:04 Reporter : Arie Sunaryo
Mensos Targetkan Penyaluran BST Sebelum Lebaran Harus Mencapai 8,3 Juta KK Menteri Sosial Juliari P. Bartubara. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara meninjau penyaluran bantuan sosial tunai (BST) Covid-19 di Kantor Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo, Kamis (21/5). Kepada PT POS Indonesia ia minta sebelum Lebaran 23 Mei harus terealisasi 8,3 juta kepala keluarga (KK).

"Target kita sebelum Lebaran harus selesai 8,3 KK. Kami minta Kantor Pos Indonesian bisa merealisasikan target tersebut," ujarnya

Mensos mengungkapkan, penyaluran BST saat ini masih berlangsung di sejumlah daerah. Hingga hari ini sudah 5 juta KK menerima BST senilai Rp600 ribu. Pihaknya mengapresiasi petugas PT Pos Indonesia yang telah bekerja keras membantu dalam penyaluran BST kepada masyarakat agar tepat sasaran.

"Saya baru saja ke Semarang, ada sedikit kerumunan (saat penyaluran BST). Tetapi Alhamdulillah bisa dikendalikan. Saya lihat penyaluran BST di Solo di kantor kelurahan ini tertib," katanya.

1 dari 1 halaman

Wawancara Penerima BST

Dalam kesempatan tersebut Mensos juga menyempatkan diri melakukan wawancara pada penerima BST. Intinya, kata dia, masyarakat merespons dengan baik pembagian BST. Mereka merasakan manfaat adanya bantuan ini, terlebih kondisi saat ini sedang terjadi wabah virus corona.

"Saya lihat PT Pos bekerja keras sampai malam, kantor kelurahan, balai desa, dan komunitas tertentu kami bikin tenda untuk penyaluran," katanya lagi.

Terkait adanya data ganda penerima BST, Juliari menegaskan bahwa bisa diverifikasi dulu. Kemudian penyaringannya diserahkan kepada pemerintah daerah baik pemkot/pemkab. Dengan seleksi yang ketat uang yakin penyaluran BST akan tepat sasaran.

"Kami memang tidak melakukan pendataan, takutnya nanti malah kacau,. Pendataan semua kita serahkan ke daerah, karena mereka yang paling tahu kondisi warganya," pungkas dia. [eko]

Baca juga:
CEK FAKTA: Hoaks Pemerintah Beri Dana Bantuan Dampak Covid-19 Rp2 Juta
Rawan Dikorupsi, Pemerintah Disarankan Bentuk Tim Khusus Awasi Dana Covid-19
Galang Solidaritas, PSI Distribusikan 26.000 Paket Makanan Siap Saji
Pantau Penyaluran Bansos, Mensos Pesan 'Jangan Beli Rokok, Beli Kebutuhan Pokok'
Pemprov DKI Distribusikan 9.300 Paket Bansos ke Kepulauan Seribu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini