Menlu Retno: Senjata Nuklir Ancaman Bagi Umat Manusia

Selasa, 27 September 2022 09:02 Reporter : Fikri Faqih
Menlu Retno: Senjata Nuklir Ancaman Bagi Umat Manusia Menlu Retno Dikawal Jenderal Temui Polisi Kamboja. Instagram dicky_patria ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, senjata nuklir adalah ancaman nyata bagi umat manusia. Pernyataan tersebut disampaikan dalam Pertemuan Tingkat Tinggi untuk Memperingati dan Mempromosikan Hari Internasional untuk Perlucutan Senjata Nuklir.

"Senjata nuklir merupakan ancaman nyata bagi umat manusia. Apalagi saat ini terdapat lebih dari 13 ribu senjata nuklir di dunia," katanya di New York, Amerika Serikat, Senin (26/9).

Dia menerangkan, negara-negara yang memiliki senjata nuklir terus memodernisasi persenjataan mereka. Situasi itu telah menambah keprihatinan Indonesia terhadap perkembangan yang lambat dan kurangnya komitmen dalam upaya perlucutan senjata nuklir.

2 dari 2 halaman

Retno menyampaikan tiga pesan utama, yaitu perlucutan senjata nuklir harus terus menjadi prioritas bersama, mekanisme perlucutan senjata global perlu diperkuat dan pemanfaatan energi nuklir untuk keperluan damai harus terus dikedepankan.

"keselamatan umat manusia dari bencana nuklir merupakan tanggung jawab seluruh negara. Dalam hal ini, Indonesia terus berkomitmen dalam mendukung upaya tersebut,” tegasnya seperti dilansir dari Antara.

Pertemuan peringatan hari internasional perlucutan senjata nuklir di PBB dilakukan dalam rangka mendorong seluruh negara pemilik nuklir menjalankan komitmennya untuk menghapus senjata nuklir, serta bekerja sama dalam memastikan hak setiap negara dalam penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai.

Pertemuan itu merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan atas mandat Resolusi Majelis Umum PBB No.68/32 tahun 2013, yang diajukan oleh Indonesia, atas nama Gerakan Non-Blok. [fik]

Baca juga:
Apa Jadinya Jika Rusia Gunakan Nuklir dalam Perang di Ukraina?
Sejarawan Ungkap Ternyata Bukan Perang Nuklir yang Bisa Musnahkan Peradaban
Joe Biden Ancam Putin Jangan Gunakan Senjata Pemusnah Massal di Ukraina
Korea Utara Izinkan Penggunaan Senjata Nuklir untuk Serang Negara Lain
Ilmuwan Beberkan Dampak Mengerikan dari Uji Coba Nuklir Bagi Manusia
Ilmuwan Peringatkan Ini yang Bakal Terjadi Setelah Perang Nuklir Jika Kita Selamat
Penelitian Ungkap Berapa Jumlah Korban Tewas jika Terjadi Perang Nuklir AS-China

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini