Menkominfo Ancam Pidanakan 1000 Situs Mirip IndoXXI

Rabu, 25 Desember 2019 19:39 Reporter : Ahda Bayhaqi
Menkominfo Ancam Pidanakan 1000 Situs Mirip IndoXXI Menkominfo Temui Dewan Pengawas dan Direksi TVRI. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Kominfo Johnny G Plate mengklaim mendapatkan laporan ada 1000 situs penyedia film bajakan mirip IndoXXI. Sebanyak 1000 Situs ini masuk daftar yang akan diblokir oleh kementerian.

"Saya mendapat laporan ada seribu lebih situs yang terpaksa harus ditakedown, karena menggunakan situs itu secara salah," ujar Johnny di kediamannya, Cilandak, Jakarta, Rabu (25/12).

1 dari 3 halaman

Dia mengatakan, situs penyedia film bajakan berdampak buruk bagi negara. Sebab, saat ini Indonesia tengah membangun iklim investasi.

"Mulai dari film dan berkembang ke yang lain, kita sebagai bangsa nanti dituduh tidak berpihak pada perlindungan kekayaan intelektual. Dan itu tidak mendukung iklim investasi dan ekonomi kita secara nasional," jelas Johnny.

2 dari 3 halaman

Sekretaris Jenderal NasDem itu meminta pemilik situs demikian untuk sadar dan menyetop jasanya. Jika tidak, Johnny menyebut bisa dibawa ke ranah pidana.

"Yang penting adalah adanya kesadaran dari beberapa situs, pemilik situs, operator situs yang menyadari bahwa itu salah dan setop. Kalau itu berlanjut terus tentu ada tindakan hukum. Kita tidak inginkan," kata dia.

3 dari 3 halaman

Sebelum bicara ke ranah hukum, Johnny menyebut Kominfo hanya melakukan penindakan dengan blokir. Dia sebut itu sebagai cara untuk mendidik pemilik situs ilegal.

"Tahap ini kita masih persuasif tapi kalau pelanggaran dilakukan terus menerus tentu rule of law harus ditegakkan," pungkasnya. [rnd]

Baca juga:
Penutupan IndoXXI Diharapkan Gairahkan Industri Perfilman RI
Situs IndoXXI Ditutup, Pemerintah Diminta Permudah Masyarakat Akses Film
Mulai 1 Januari 2020 Situs IndoXXI Ditutup
Diblokir Kominfo, INDOXXI Sampaikan Salam Perpisahan Sampai Bikin Netizen Sedih
Polri Dukung Kemenkominfo Blokir Situs Streaming Film Ilegal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini