Menko PMK: WNI di Luar Negeri Tidak Usah Pulang Jika Tak Perlu

Selasa, 31 Maret 2020 14:05 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menko PMK: WNI di Luar Negeri Tidak Usah Pulang Jika Tak Perlu Muhadjir Effendy. ©2019 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta kepada para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri tidak perlu pulang jika tidak ada kondisi mendesak. Dia menjelaskan kepulangan mereka sifatnya hanya sukarela.

"Kepulangan mereka sifatnya sukarela, tidak ada program memulangkan mereka. Bahkan kita harapkan mereka tidak usah pulang, kalau tidak perlu pulang, kalau di sana masih nyaman dan tidak ada mudarat sebaiknya bertahan di sana," kata Muhadjir saat melakukan siaran teleconference bersama awak media, Selasa (31/3).

Muhadjir juga mengatakan pemerintah akan mengirimkan bantuan sosial kepada WNI di Malaysia sesuai arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Terutama mereka yang berstatus pekerja harian. Bantuan tersebut berbentuk sembako dan bantuan lainnya.

"Sudah disepakati bersama antaran kita dan Bu Menlu dengan Panglima TNI akan kirim sembako dan bantuan yang lain," ungkap Muhadjir.

1 dari 1 halaman

Dia menyebut rencana pengiriman bantuan tersebut akan dikomunikasikan lebih lanjut bersama pihak di Malaysia.

"Kita justru menahan mereka tidak pulang karena tugas kita menjaga keselamatan WNI baik di dalam negeri dan di dalam negeri," jelas Muhadjir.

Dia juga menegaskan jika WNI di luar negeri aman tetap di sana. Sebab, pemerintah tengah berjuang menjaga warga di Tanah Air dari pandemi corona.

"Kalau yang di luar negeri aman, ya di sana dulu sebab Indonesia sendiri sedang berusaha untuk menjaga keselamatan WNI yang di Indonesia," jelas Muhadjir. [ray]

Baca juga:
Menko PMK Jelaskan Tahapan Pemulangan WNI dari Luar Negeri
Penjelasan Kapolri Soal Ancaman Pidana Warga yang Ngeyel Kumpul saat Pandemi Corona
Status Sumut Naik Jadi Tanggap Darurat COVID-19, Ini Faktanya
Jenderal Idham Aziz: Darurat Sipil Sejalan dengan Maklumat Kapolri
PDP Virus Corona Meningkat, Kabupaten Bekasi Gelar Rapid Test Tahap Dua

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini