Menko Perekonomian Harap Penelitian Ibas Soal Labuan Bajo dapat Direalisasikan

Kamis, 10 Juni 2021 16:50 Reporter : Iqbal Fadil
Menko Perekonomian Harap Penelitian Ibas Soal Labuan Bajo dapat Direalisasikan Edhie Baskoro Yudhoyono. ©istimewa

Merdeka.com - Lulusnya Edhie Baskoro Yudhoyono dari Program Doktor Manajemen Bisnis IPB disambut baik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto. Disampaikan Airlangga, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar dalam sektor ekonomi. Meski pemulihan ekonomi saat ini berjalan bertahap, pemerintah optimistis bahwa perekonomian Indonesia bisa kembali pulih pada kuartal selanjutnya.

Di sektor pariwisata, tanda-tanda pemulihan sudah terlihat sangat baik. Airlangga juga menyampaikan bahwa perkembangan penumpang pesawat di bulan April lalu sudah mulai pulih. Pertumbuhan ada pada penumpang domestik yang mencapai 2,8 juta orang. Sementara itu, untuk penerbangan internasional sendiri jumlahnya masih stagnan.

Disertasi Ibas, nama sapaan EBY, yang membahas strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan terpadu yang berkelanjutan dan inklusif di Labuan Bajo dinilai Airlangga sebagai suatu pembahasan yang sangat menarik. Sebab, Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu daerah yang ditetapkan sebagai daerah wisata potensial.

"Labuan Bajo akan diarahkan ke pengembangan wisata bahari dan ecotourism. Ecotourism yang mendukung pariwisata berkelanjutan tentu bermanfaat dalam beberapa aspek, seperti seperti mendukung pelestarian lingkungan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengayaan yang konservatif, hingga memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat lokal," papar Airlangga.

Airlangga juga menerangkan bahwa untuk meningkatkan sektor pariwisata, pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Dana yang dianggarkan untuk sektor ini jumlahnya mencapai Rp699,42 triliun. Selain anggaran, pemerintah juga berupaya memberikan pelatihan, kemudahan akses KUR bagi UMKM, juga mendorong program vaksinasi di daerah pariwisata.

Terkait UMKM, ia berharap agar akan semakin banyak usaha yang tercipta dan dapat berkontribusi dalam perekonomian nasional.

Sebelum mengakhiri ucapan selamatnya atas pencapaian Ibas, Airlangga menyampaikan harapan agar hasil penelitian Ibas dapat segera direalisasikan. "Semoga teori dan mekanisme baru ini dapat diamalkan dan pengalaman akademiknya (Ibas) dapat digunakan untuk kemajuan pariwisata di Indonesia," tutup Airlangga. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini