Mengenang Prof Azyumardi Azra: Tak Mau Korbankan Akademik Demi Politik

Selasa, 20 September 2022 07:30 Reporter : Merdeka
Mengenang Prof Azyumardi Azra: Tak Mau Korbankan Akademik Demi Politik Azyumardi Azra. wordpress.com

Merdeka.com - Masykuri Abdillah selaku Staf Khusus Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyebut almarhum Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Profesor Azyumardi Azra konsisten tidak mau mengorbankan akademik demi kepentingan politik.

"Sangat konsisten dalam arti memang dia tidak mau mengorbankan akademik beliau untuk kepentingan politik, misalnya. Jadi, waktu beliau menjadi rektor itu tetap saja beliau menyampaikan hal-hal, kalau itu kritis ya kritis," kata Masykuri di rumah duka Azyumardi Azra di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Senin (19/9) malam.

Saat Azyumardi menjabat Rektor UIN Jakarta periode 1998-2006, Masykuri sebagai Pembantu Rektor IV (Bidang Kerja Sama) IAIN Jakarta tahun 2000-2003, dilanjutkan Pembantu Rektor I (Bidang Akademik) UIN Jakarta tahun 2003-2007.

"Juga sama di antara intelektual atau akademisi sangat konsisten untuk menyuarakan kebenaran dalam arti memberikan pikiran-pikiran alternatif itu beliau masih tetap konsisten di situ," kata Masykuri.

2 dari 2 halaman

Ia juga mengakui sosok almarhum sebagai seorang yang sangat detail dalam pekerjaan.

"Jadi, beliau sebagai seorang pemimpin, beliau mengerti detail-detailnya. Biasanya pemimpin itu tahunya hanya garis besar, apalagi beliau seorang intelektual biasanya hanya teoritis saja. Tetapi tidak, beliau ternyata mempunyai kemampuan luar biasa dan sangat detail," ujarnya.

"Misalnya, kalau kaitan dengan perguruan tinggi masalah kurikulum, masalah perkuliahan, kemudian yang terkait dengan persoalan keuangan, persoalan yang terkait kemahasiswaan, beliau tahu secara detail. Ini saya kira tidak banyak orang miliki," kata Masykuri lagi.

Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu (18/9) pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia. [ded]

Baca juga:
Prof Azyumardi Azra Dimakamkan Pagi Ini, TMP Kalibata sudah Beres-Beres
Jusuf Kalla dan Mensesneg Jemput Jenazah Azyumardi Azra di Bandara Soekarno Hatta
Wapres Ma'ruf Kenang Azyumardi Azra: Akademisi Berkaliber Dunia
Begini Alur Pemulangan Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dari Malaysia
Keluarga Jelaskan Kronologi Meninggalnya Profesor Azyumardi Azra
Pesan Profesor Azyumardi ke Keluarga: Kerja Keras dan Tanggung Jawab

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini