Mau Hunting Kuliner Tulungagung Saat Mudik? Ini Panduannya

Selasa, 21 Mei 2019 13:05 Reporter : Hery H Winarno
Mau Hunting Kuliner Tulungagung Saat Mudik? Ini Panduannya Kuliner Tulungagung Saat Mudik. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Mau kulineran yang beda ? Yuk ke Tulungagung. Berbagai macam makan enak dan ciamik ada di sini. Rasa makanannya jempolan. Pilihannya hanya dua. Enak dan enak banget.

"Kuliner Tulungagung diolah secara tradisional. Untuk para food blogger dan wisatawan mudik, silakan cicipi kulinernya," tutur Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Senin ( 20/5).

Siap berkuliner ria? Berikut 10 Kuliner khas Tulungagung dengan #PesonaMudik2019.

2019 Merdeka.com

1. Ayam Lodho

Masakannya dijamin super lezat. Sangat nikmat. Apalagi, jika ayam lodho dimakan bersama nasi uduk serta urap sayur. Maknyussss.

Cara penyajiannya unik. Mirip dengan opor, ayam. Makanan dipanggang terlebih dulu agar aromanya lebih terasa. Rasanya dijamin juara.

2. Kepiting Sambal Ijo

Kepiting ini di masak dengan bumbu rahasia. Rasanya pun sangat lezat dan gurih, tak ada tandingannya. Tak salah jika lidah Anda bergoyang.

Kepiting yang digunakan masih segar dan ukurannya besar pula. Sehingga puas dan kenyang untuk perut yang lapar.

3. Sate Dan Gulai Kambing

Sate Kambing Tulungagung memiliki cita rasa gurih dan lezat. Apalagi saat dibakar sate dicelupkan ke kuah gulai. Setelahnya ditambah bumbu Petis dan kecap manis. Terasa khas sajian kuliner Tulungagung.

Paduan daging kambingnya diolah dengan campuran bumbu rempah. Jangan lupa disantap dengan sepiring nasi hangat. Pokoknya top bangetlah.

4. Kue Sagon

Kue Sagon bercita rasa manis dan gurih. Aromanya wangi. Bahan dasar kue ini kelapa dicampur tepung ketan. Juga ditambah epung sagu ataupun kanji. Kue ini banyak disajikan saat hari raya lebaran atau hari besar lainnya.

5. Getuk Pisang

Getuk Pisang rasanya lembut dan manis. Bahan dasarnya pisang nangka. Getuk Pisang dibungkus dengan daun pisang seperti lemper. Aromanya? Dijamin sangat khas.

6. Ayam Goreng Tulungagung

Ayam Goreng Tulungagung menyajikan cita rasa berbeda. Rasa renyah, gurih dan dagingnya empuk. Sangat cocok dinikmati dengan nasi uduk, lalap sayur dan sambal yang pedas. Jangan lupa perasan jeruk limau ya biar maknyus.

7. Soto Ayam Condong Raos

Soto ayam dengan rasa yang sangat lezat. Campurannya kaldu ayam. Racikannya bumbu khas. Kombinasinya menghasilkan kuah bening yang gurih. jangan lupa tambah suwiran ayam kampung di atasnya.

Sangat nikmat, disajikan dengan nasi hangat dan sambal serta perasan jeruk nipis. Tak lupa kerupuk kulit turut lengkapi lezatnya kudapan.

8. Sompil

Terdiri dari irisan lontong dan sayur rebung. Dengan sayur bersantan lainnya pun bisa. Kombinasikan dengan sayur kacang, tahu, dan sayur nangka. Ditambah urapan pedas dan bumbu kedelai. Dijamin "nendang" banget.

9. Nasi Goreng Petruk

Nasi goreng ini sangat berbeda dari nasi goreng biasa. Mengapa? Karena memakai bumbu rendang sebagai bumbu utama. Pastinya bumbu kaya akan rempah-rempah.Wahhh, sudah pasti lezat banget. Rasa daging yang empuk, tekstur nasi yang lembut serta kepedasan yang pas. Sangat nikmat untuk disantap.

10. Sop Ayam Bu Suriah

Kuliner ini tak pernah lepas dari suwiran daging ayam yang empuk. Sebelum daging ayam digoreng, daging direbus dahulu dengan ketumbar dan kuah kuning agar lebih meresap.

Penyajiannya dengan suwiran ayam goreng, telur rebus,soun dan kol iris halus. Tak lupa perkedel kentang yang padat dengan daging cincang.

Sangat nikmat! Pastinya Anda akan terus ketagihan. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini