Masih Aktif di Partai, FX Rudy Tolak Jadi Exco PSSI

Kamis, 10 Oktober 2019 21:36 Reporter : Arie Sunaryo
Masih Aktif di Partai, FX Rudy Tolak Jadi Exco PSSI fx rudy. ©2017 Merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) menolak dicalonkan menjadi anggota Exco Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023. Mantan anggota Komite Normalisasi PSSI tersebut beralasan, selain sibuk menjadi wali kota, saat ini dia masih menjabat Ketua DPC PDIP Solo.

Sebagaimana diketahui, Komite Pemilihan PSSI mengumumkan 90 calon anggota Exco PSSI periode 2019-2023, 4 Oktober 2019. Dari 90 nama tersebut terdapat mama FX Hadi Rudyatmo. Menanggapi hal tersebut, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo dengan tegas menolak tawaran itu.

"Saya menolak untuk masuk kepengurusan PSSI periode mendatang Saya juga baru tahu ada nama Rudy. Saya ini masih aktif menjadi anggota parpol sebagai Ketua DPC PDIP Solo. Saya tidak ingin mencampuradukan politik dengan olahraga," ujar dia, Kamis (10/10).

Rudy mengucapkan terima kasih karena namanya sudah masuk bursa calon anggota Exco PSSI. "Dengan tegas saya tolak secara halus. Saya tidak ingin menjilat lidah sendiri untuk masuk kepengurusan PSSI," katanya lagi.

Untuk PSSI, Mantan Ketua Persis Solo itu mengingatkan agar melakukan perbaikan. Menurutnya, ada 4 poin yang harus dilakukan untuk kejayaan PSSI. Pertama, PSSI harus diurus orang yang tidak terkontaminasi kepengurusan partai politik. Kedua pengurus PSSI harus orang yang 'gila bola' dan mengerti organisasi sepakbola.

Poin ketiga, lanjut dia, pengurus PSSI tidak boleh menggantungkan hidup di organisasi. Sedangkan terakhir, pengurus harus memiliki target yang jelas dan konsisten.

"Seorang caketum PSSI harus punya target berjenjang yang jelas. Indonesia harus mampu mengikuti Piala Dunia," tandasnya.

Lebih lanjut Rudy menjelaskan, sebagai calon anggota Exco PSSI, harus mengembalikan formulir kesanggupan pada tanggal 8 Oktober. Ia mengaku sudah diberi formulir, namun tidak diisi dan langsung dikembalikan. Nama dirinya, dikatakannya, muncul berdasarkan usulan anggota lain dan diminta membantu di Exco.

"Saya juga diusulkan sebagai ketua umum PSSI. Usulan itu juga saya tolak dengan halus, dengan alasan sama. Saya masih aktif sebagai anggota parpol," pungkas dia. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini