Malaysia berikan bantuan Airbus hingga dana rehabilitasi pendidikan untuk Palu

Selasa, 9 Oktober 2018 17:27 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Malaysia berikan bantuan Airbus hingga dana rehabilitasi pendidikan untuk Palu Malaysia berikan Airbus hingga dana rehabilitasi pendidikan untuk Palu. ©2018 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Wan Azizah Wan Ismail di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/10).

Dalam pertemuan tersebut istri Anwar Ibrahim menyampaikan simpati dan belasungkawa terhadap bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Kemudian, pihaknya juga memberikan bantuan yaitu Airbus A400 M dan C130.

Azizah menjelaskan Airbus A400 tersebut berguna untuk mengangkut bahan bakar minyak menuju ke Balikpapan.

"Indonesia menerima bantuan, untuk bawak pertamina punya minyak untuk daripada Balikpapan. Dari Jakarta bawa ke Balikpapan dan dua C 130 yang bawa barang-barang terutama dari stasiun kak Labuan," katanya usai bertemu JK di kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Selasa (9/10).

Tidak hanya pesawat, pihaknya juga memberikan dana sebesar Rp 3,67 miliar untuk Palu. Kemudian Azizah juga mengatakan, akan memberikan bantuan dana untuk bidang pendidikan.

"ada 1 juta ringgit Malaysia kepada Sulawesi. Dan perdana menteri besok, dana rehabilitasi utamanya pada bidang pendidikan," papar Azizah.

Diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Deputi Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/10). Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Malaysia. Negeri Jiran itu disebut telah memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Terima kasih atas bantuan Malaysia ke Indonesia untuk gempa Lombok dan Sulawesi," tutup Jokowi. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini