Makassar, Palopo dan Sidrap masuk daerah rawan di Pilkada serentak

Selasa, 17 April 2018 01:46 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Ilustrasi Pemilu. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah bersafari ke beberapa instansi sejak dilantik sebagai pejabat Gubernur Sulsel sepekan lalu, Sumarsono menjamin 99 persen Pilkada serentak di wilayah Sulsel akan berjalan aman.

"Setelah bertemu dengan Pangdam kemarin, tadi Kapolda dan sekarang dengan pihak KPU Sulsel, saya jamin 99 persen pelaksanaan Pilkada serentak di Sulsel akan berlangsung aman, nyaman dan damai. Satu persennya urusan Di Atas," kata Sumarsono saat pertemuan dengan para penyelenggara Pilkada di aula kantor KPU Sulsel, Senin (16/4).

Dirjen Otonomi Daerah itu menyampaikan dua alasan yang membuatnya yakin. Pertama pihak pendukung dan penyelenggara sudah siap. Kalaupun ada kekurangan, lanjut Sumarsono, tinggal masalah 300 ribu warga yang belum melakukan perekaman e-KTP, terutama yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) karena terbentur akses data.

Alasan kedua, kesiapan aparat keamanan. Polda Sulsel di-backup TNI sudah siap untuk mengawal gelaran Pilkada.

"Soal pengamanan, telah disiapkan segala sesuatunya termasuk antisipasi andaikata terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak yakin Pilkada tidak aman," tandasnya.

Sumarsono menyebut ada tiga daerah dengan tingkat kerawanan berbeda dan perlu perhatian khusus. Yaitu Kota Makassar, Kota Palopo dan Kabupaten Sidrap.

Persoalan di Makassar terkait sengketa Pilkada yang kini tinggal menunggu keputusan Mahkamah Agung. Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan, personel gabungan juga telah disiapkan.

"Pengamanan dari pusat didrop, sudah ada di sini untuk melapis namanya keamanan lapisan. Jadi telah diantisipasi baik itu permohonan di MA dikabulkan atau tidak dikabulkan karena dua-duanya miliki risiko yang sama," kata Sumarsono. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini