Legenda Persib: Saya ingin liga berhenti dulu, Viking, The Jak, Bonek ditiadakan

Selasa, 25 September 2018 21:33 Reporter : Aksara Bebey
Legenda Persib: Saya ingin liga berhenti dulu, Viking, The Jak, Bonek ditiadakan Legenda Persib Wawan Hermawan. ©2018 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Aksi pengeroyokan berujung meninggalnya Haringga Sirila (23) mendapat kecaman dari berbagai pihak. Bahkan, ada yang menilai kelompok suporter klub di Indonesia sudah layak dibubarkan.

Legenda pemain Persib era tahun 1980, Wawan Hermawan menilai aksi penganiayaan itu sudah keluar dari nilai-nilai kemanusiaan. Semua pemangku kepentingan, termasuk PSSI harus tegas dalam membuat kebijakan agar hal serupa tidak terulang kembali.

"Aksi biadab itu. Sedih saya ada anak yang mau nonton bola sampai meninggal seperti itu. Saya ingin liga berhenti dulu, Viking ditiadakan, semua kelompok suporter (klub lain) dibubarkan, the jak, Bonek yang lainnya dibubarkan," katanya saat ditemui di Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa (25/9/2018).

Penganiayaan jelang laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018) lalu adalah puncak dari ketidakbecusan pembinaan suporter.

Ia mengenang, saat masih aktif menjadi pemain Persib, persaingan antar tim dan suporter masih dalam batas wajar. Kalaupun ada pertikaian, tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Jaman ga ada kelompok suporter, tidak ada tuh pengeroyokan. Mau main tandang atau kandang penonton bisa ikut menikmati pertandingan. Sekarang, kelompok suporter sudah ga karuan," ucapnya.

Rencananya, ia akan mengajak seluruh pemain legenda persib di angkatannya untuk menyatakan sikap agar kejadian serupa tak terulang. Mereka yang akan hadir di antaranya Ajat Sudrajat, Robby Darwis dan Dede Iskandar.

"Besok rencananya kami akan berkumpul, berdoa dan menyatakan sikap atas tragedi Minggu kemarin, yang kami nilai sangat tidak manusiawi dan tidak patut dilakukan oleh suporter bola," pungkasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini