Laka Laut di Perairan Sumenep Kerap Terjadi, Korbannya Sudah Ratusan Jiwa

Rabu, 19 Juni 2019 01:04 Reporter : Moch. Andriansyah
Laka Laut di Perairan Sumenep Kerap Terjadi, Korbannya Sudah Ratusan Jiwa Ilustrasi Kapal Tenggelam. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kecelakaan laut yang menimpa Kapal Motor (KM) Arin Jaya di perairan antara Pulau Sapudi-Giliyan, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura pada Senin (17/6) kemarin, bukan kali pertama terjadi.

Menurut Senator DPD RI asal Jawa Timur, Ahmad Nawardi, peristiwa serupa sering menimpa kapal-kapal yang mengambil rute Kalianget menuju pulau-pulau di Sumenep. Korban yang meninggalpun pun tak sedikit. Total mencapai ratusan jiwa.

Nawardi mengungkap, sebelum KM Arin Jaya yang mengangkut 60 penumpang dikabarkan tenggelam pada Senin pagi kemarin, di bulan Maret 2018 lalu juga menimpa perahu kayu bernama Kota Baru yang mengangkut santri Ponpes Abu Hurayrah.

"Akibat kecelakaan itu, empat orang meninggal," ungkap Nawardi, Selasa (18/6).

Sementara laka laut yang menimpa KM Arin Jaya, data dari Polda Jawa Timur menyebut, 39 penumpang selamat, 17 orang sampai saat ini ditemukan meninggal, sisanya belum ditemukan.

Untuk itu, Nawardi mendesak pemerintah untuk segera memperbaiki moda transportasi laut, khususnya di wilayah kepulauan.

"Saya sebagai Senator dari Jatim sering di rapat-rapat komite menyampaikan kepada Kementerian Perhubungan agar pemerintah wajib menyiapkan kapal yang layak," tegasnya.

Tidak hanya di kepulauan Madura, lanjut Nawardi, laka laut juga sering terjadi di daerah lain di wilayah Jawa Timur, maupun kawasan lain di Indonesia.

Karena itu, anggota Komite 2 DPD RI ini kembali mendesak kementerian perhubungan untuk memperbaiki pelayanan keamanan transportasi laut seperti memodernisasi infrastruktur pelayaran di setiap pulau.

"Dengan harapan tidak ada lagi kecelakaan laut yang merenggut nyawa manusia," pungkas Nawardi. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Kapal Tenggelam
  2. Sumenep
  3. Surabaya
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini