Komisi V minta Kemenhub relokasi jalur kereta api Porong karena selalu kena banjir

Kamis, 7 Desember 2017 21:53 Reporter : Bruriy Susanto
Jalur KA Porong terendam banjir. ©2017 Merdeka.com/Bruriy

Merdeka.com - Komisi V DPR akan melayangkan surat kepada Kementerian Perhubungan memintai agar jalur perlintasan kereta api yang berada di dekat tanggul kolam penampungan lumpur lapindo di Jalan Raya Porong, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, direlokasi. Sebab kondisi jalur kereta tersebut sangat mengenaskan, apalagi saat turun hujan deras, kemudian terendam banjir, dan membuat kepala rel (koprel) tidak bisa dilintasi.

"Dari tahun ke tahun, PT KAI itu terus melakukan peninggian di jalur kereta api dekat dengan tanggul kolam penampungan lumpur. Jadi ini perlu direlokasi, dan nanti saya akan mengirim surat ke Menteri Perhubungan," kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sidik Sosiantomo, di sela melakukan sidak di Stasiun Kereta Api Pasar Turi, Kamis (7/12).

Berdasarkan data dari PT KAI tiap tahun jalur kereta api di dekat tanggul di saat musim hujan ditinggikan sebanyak 6 kali. Peninggian jalur kereta api itu hampir mencapai 50 centimeter atau setengah meter.

Seperti yang terjadi banjir belum lama ini di jalur kereta api itu mencapai lebih dari 1 meter.

"Petugas dari PT KAI terpaksa meninggikan bisa mencapai 2 meter. Ini dikarenakan jalur kereta api sudah tidak bisa dilintasi," ujar dia.

Menurut politisi PKS ini, relokasi jalur kereta api di Porong perlu dilakukan, karena sudah masuk kategori kejadian luar biasa. Sebab, setiap turun hujan selalu terjadi, dari tahun ke tahun tidak ada perubahan, PT KAI selalu melakukan peninggian di kepala rel kereta api.

Saat disinggung, mengenai relokasi itu membutuhkan dana yang cukup besar, dan tidak mudah, Sigit tidak menampiknya. Namun demikian pihaknya akan tetap mengirim surat pada Menteri Perhubungan.

"Sekali lagi ini kan kejadian luar biasa, iya kita arahkan pada kegiatan emergency. Jadi perlu dilakukan relokasi. Maka nantinya kita akan tulis surat kepada Pak Menteri Perhubungan untuk melakukan relokasi jalur kereta api Porong," tegas dia. [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.