Ketua DPR Dorong Presiden Jokowi Beri Amnesti Baiq Nuril

Rabu, 10 Juli 2019 16:49 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ketua DPR Dorong Presiden Jokowi Beri Amnesti Baiq Nuril Baiq Nuril di DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo meyakini Presiden Jokowi tengah mengkaji amnesti korban pelecehan seksual yang menjadi terpidana UU ITE, Baiq Nuril. Presiden diyakini mempertimbangkan pemberian amnesti dengan matang. DPR pun mendorong Jokowi memberikan amnesti.

"Saya punya keyakinan presiden sudah punya informasi lengkap. Kita mendorong presiden mengabulkannya atas nama keadilan," kata pria yang akrab disapa Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Anggota Komisi III Fraksi PKS Nasir Djamil menyakini DPR bakal menyetujui pertimbangan Presiden terkait pemberian amnesti Baiq Nuril, korban pelecehan seksual yang menjadi terpidana kasus ITE. Sebab, Presiden Joko Widodo memerlukan pertimbangan DPR dalam permohonan pemberian amensti.

"Saya punya keyakinan kalau kemudian, ibu Baiq Nuril, itu kemudian meminta amnesti kepada Presiden dan kemudian presiden meminta pertimbangan DPR, saya haqqul yakin bahwa seluruh fraksi di DPR akan memberikan persetujuan kepada Presiden terkait pemberian amnesti kepada ibu Baiq Nuril," ujar Djamil.

Persetujuan atas amnesti itu karena kondisi Baiq yang tidak sepatutnya menjadi terpidana kasus ITE. Nasir meyakini Nuril sebagai korban pelecehan seksual setelah mendengar pernyataan kuasa hukum terkait mantan atasan Nuril, Muslimin.

Menurutnya, kasus Nuril menjadi ujian bagi Presiden Joko Widodo. Terutama komitmen Jokowi dalam perlindungan dan pemberdayaan perempuan.

"Jadi ini sebenarnya juga ujian bagi presiden sebagai kepala negara terkait dengan amnesti, kalau jadi diajukan oleh ibu Baiq Nuril tersebut," kata dia. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini