Keterangan saksi pojokkan Ketua DPRD Jateng

Senin, 10 September 2012 16:04 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Keterangan saksi pojokkan Ketua DPRD Jateng tipikor. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kesaksian Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kendal, Warsa Susilo, makin memojokkan Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Murdoko.

Dalam pengakuannya, Warsa mengatakan pada 2003 telah tiga kali meminjamkan uang sebesar Rp 3 miliar, Rp 900 juta, dan Rp 850 juta ke Murdoko. Dia mengatakan hal itu di sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (10/9). Saat itu Murdoko menjabat Ketua DPRD Kota Semarang.

Mulanya Murdoko menghubungi Warsa hendak meminjam uang, tapi tidak langsung disetujui. Warsa lalu menghadap Bupati Kendal Hendy Budoro, saudara kandung Murdoko. Kepada Hendy, Warsa mengatakan Murdoko ingin meminjam uang Rp 3 miliar. Hendy menyanggupi permintaan Murdoko dan memerintahkan Warsa mengambil dari rekening BNI.

"Uang sebesar Rp 3 miliar diberikan lewat transfer dari rekening kas daerah atas nama saya selaku Kepala DPKD ke Pak Murdoko," kata Warsa. Dia memerintahkan stafnya, Sri Hafsari dan Agus, mentransfer uang itu ke rekening Murdoko. Dia berpesan hal itu jangan sampai diketahui siapapun atas permintaan Hendy.

Warsa menjelaskan Murdoko meminjam uang itu atas nama pribadi guna keperluan DPRD. Tetapi dia tidak merinci apakah buat DPRD Semarang atau DPRD Kabupaten Kendal. Peminjaman itu pun dilakukan tanpa surat perjanjian. Hal itu dilakukan lantaran Hendy yang menjamin uang itu.

Ketua Majelis hakim Marsudin Nainggolan bertanya kepada Warsa berapa kali Murdoko meminjam uang dari kas daerah Kabupaten Kendal. Warsa mengatakan politikus PDI Perjuangan itu tiga kali melakukan pinjaman. "Yaitu Rp 3 miliar, Rp 900 juta, dan 850 juta," ujar Warsa. Dia masih menjalani hukuman di Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur dalam kasus sama.

Murdoko membantah keterangan Warsa. Dia berdalih tidak pernah meminjam uang itu. "Saya tahu aturan sebagai anggota DPRD Semarang. Saya tidak pernah meminjam uang kepada saudara saksi. Saya keberatan. Uang yang diberikan Pak Warsa Susilo sudah saya kembalikan langsung ke kakak saya, Bupati Kendal," kata Murdoko. Tetapi dia mengakui memang ada uang Rp 3 miliar masuk ke rekeningnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Korupsi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini