Kementerian Pertahanan Memiliki Logo Baru, Ini Maknanya

Jumat, 21 Januari 2022 15:12 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Kementerian Pertahanan Memiliki Logo Baru, Ini Maknanya Logo baru Kementerian Pertahanan. ©Kementerian Pertahanan

Merdeka.com - Kementerian Pertahanan berganti logo baru. Peresmian dilakukan secara langsung oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Turut hadir dalam peresmian logo baru Kemenhan yakni Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf dari tiga matra dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Acara digelar di ruangan Rapim Kemenhan 2022, Kamis (20/1) kemarin.

Wakil Menteri Pertahanan, Letjen Herindra, juga mengumumkan perubahan logo institusinya di laman akun instagramnya @herindra87, Jumat (21/1). Terlihat dalam video yang diunggah, Herindra menunjukkan logo lama Kemhan dan logo baru.

Juru Bicara (Jubir) Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan logo Kemehan sebelumnya sudah dipakai sejak 2005. Tepat saat Menteri Pertahanan dijabat Prof Dr Juwono Sudarsono.

"Logo baru juga sudah resmi diumumkan perubahan logo oleh Menteri Pertahanan RI, Letjen (Purn) Prabowo Subianto pada Rapim," kata Dahnil dalam pesan singkat, Jumat (21/1).

Dahnil menjelaskan, logo Kemhan kali ini berbentuk bulat melingkar berwarna emas dengan warna dasar merah tua. Di dalamnya terdapat gambar Garuda Pancasila. Logo tersebut dilingkari rantai emas yang melambangkan pertahanan negara kuat dan tangguh.

"Dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI," jelas Dahnil terkait makna dari logo baru tersebut.

Menurutnya, perubahan logo tersebut semata-mata untuk penyegaran. Sekaligus, membawa semangat pertahanan yang lebih kuat dan tangguh.

"Penyegaran saja, melambangkan semangat pertahanan yang lebih kuat dan lebih tangguh," pungkasnya. [lia]

Baca juga:
Diumumkan Jenderal Kopassus Anak Buah Prabowo, Kemenhan Ganti Logo
Prabowo: Ancaman Militer dan Non-Militer Diprediksi Masih Mengancam Kepentingan RI
Kasus Proyek Satkomhan 2015-2016, Kejagung Periksa Dirut PT Dini Nusa Kusuma
Anggota DPR Dukung Proyek Satelit Kemhan Diaudit hingga Tuntas
Kumpulkan Bukti, Kejagung Cari Pihak yang Bertanggung Jawab Proyek Satkomhan
Duduk Perkara Kasus Proyek Satelit Kemhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini