Kebakaran Lahan di Sepaku Penajam Paser Utara Meluas Jadi 5 Hektare

Rabu, 4 September 2019 23:24 Reporter : Saud Rosadi
Kebakaran Lahan di Sepaku Penajam Paser Utara Meluas Jadi 5 Hektare Kebakaran di Sepaku. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Lahan kebun dan semak yang terbakar di RT 12 Desa Bukit Raya di kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Senin (2/9) malam, belum padam. Diperkirakan lahan yang terbakar sekitar 5 hektare.

Sebelumnya, kebun dan semak terbakar sejak Senin sore hingga malam hari. Saat itu perkiraan terbakar sekitar 3 hektare, yang dipadamkan dengan cara manual maupun menggunakan selang dan pompa air.

"Kita padamkan lagi, Selasa (3/9) kemarin. Berhasil kita padamkan jelang tengah malam hari Rabu (4/9) ini tadi," kata Kasubid Logistik dan Peralatan BPBD PPU Nurlaila dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (4/9).

Nurlaila menerangkan, di lokasi, titik api memang terpantau cukup jauh, dengan medan sulit. "Jadi dari sekitar 3 hektare, menjadi sekitar 5 hektare. Sebagian besar yang terbakar adalah semak belukar," ujar Nurlaila.

"Di lokasi, tim gabungan bersama Polri dan TNI, juga melakukan upaya minimalisir kebakaran lahan itu, merembet ke rumah warga. Kalau mobil pemadam perusahaan PT IHM dan mobil pemadam pos Sepaku, tidak bisa mendekat ke lokasi," tambah Nurlaila.

Namun belakangan, masih di lokasi yang sama, kepulan asap masih belum benar-benar padam. Dugaan kuat, masih terdapat bara api di bawah permukaan, yang mengakibatkan kepulan asap.

"Malam ini kami cek lagi di lokasi, dan koordinasi dengan Kades Bukit Raya. Diperlukan tambahan personel, semisal dengan mengerahkan warga. Karena lokasinya memang benar-benar sulit dijangkau, baik pakai motor atau mobil," ungkap Nurlaila.

"Jadi, pemadaman kembali hanya bisa dengan cara manual, atau menggunakan mesin pompa portabel. Kami juga koordinasikan dengan perusahaan terdekat PT IHM, untuk ikut bantu pemadaman baik personel maupun peralatan," demikian Nurlaila. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini