Kaum Milenial Didorong Tak Apatis dan Golput di Pemilu 2019

Selasa, 9 April 2019 22:02 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Kaum Milenial Didorong Tak Apatis dan Golput di Pemilu 2019 Aprilya Monica. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Generasi milenial diharapkan dapat berperan dalam Pemilu 2019. Pegiat Kepemudaan yang juga caleg Partai Demokrat Aprilya Monica menyarankan para milenial harus tetap antusias dan tidak apatis terhadap pemilu.

"Mereka (milenial) merasa kecewa dan merasa sosok yang diidamkan belum menggambarkan kriteria yang diinginkan sehingga lebih baik diam dan enggan memilih," kata Aprilya di Jakarta, Selasa (9/4).

Menurutnya, para milenial cenderung mencari kriteria yang menggambarkan keinginan mereka. Setidaknya, kata dia, sosok pemimpin yang bisa menjawab semua harapan yang diinginkan generasi milenial. "Secara tidak langsung seperti ini (bisa mengapresiasi) apa yang diinginkan milenial," ujarnya.

Selain itu, Aprilya mengapresiasi sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula oleh KPU. Dia tak memungkiri milenial lebih mengarah pada medsos untuk melihat informasi yang berkembang. Keuntungan pemilih milenial, kata dia, mereka teredukasi ketimbang pemilih yang usianya lebih tua dalam mencerna informasi, sehingga tidak mudah termakan hoaks.

Meski begitu, dia mendorong para milenial tidak golput saat 17 April 2019 mendatang. Tujuannya selain menyalurkan hak pilih, juga mencegah kecurangan pemilu yang memanfaatkan suara orang lain.

"Golput bukan solusi tepat karena satu suara sangat berarti buat kemajuan demokrasi Tanah Air. Ini bukan untuk pasangan capres 01 atau capres 02, melainkan demi mencegah kejahatan yang memanfaatkan suara pemilih," tandas dia. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini