Kasus Kalideres: Tak Ada Temuan DNA Lain di TKP dan Zat Bahaya di Tubuh Korban

Jumat, 9 Desember 2022 16:53 Reporter : Lydia Fransisca
Kasus Kalideres: Tak Ada Temuan DNA Lain di TKP dan Zat Bahaya di Tubuh Korban Olah TKP satu Keluarga meninggal di Kalideres. ©2022 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Kepolisian membeberkan rangkaian penyelidikan kasus kematian sekeluarga di Kalideres, Jakarta Barat. Kematian misterius ini membuat kepolisian melibatkan banyak pihak untuk membantu pengungkapannya.

Salah satu pihak yang dilibatkan dalam pengungkapan kasus ini adalah Laboratorium Forensik Polri. Kabid Puslabfor Kombes Wahyu Marsudi mengungkapkan, ada lima poin kesimpulan mengacu temuan-temuan forensik yang dilakukan.

Pertama, tidak ditemukan adanya kerusakan di akses-akses masuk dan keluar rumah lokasi kejadian. Kedua, tidak ditemukan percikan-percikan darah di rumah tersebut.

"Hasil olah tempat kejadian perkara, tidak ditemukan adanya kerusakan pada akses keluar masuk di rumah tersebut. Artinya tidak ada yang masuk dan keluar dari dalam rumah tersebut," kata Kabid Puslabfor, Kombes Wahyu Marsudi, dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (9/12).

Selain itu, tim forensik juga tidak menemukan ada DNA lain selain keempat korban yang terdiri dari ayah, ibu, paman dan anaknya pada rumah itu.

Pemeriksaan forensik juga dilakukan dengan mengecek organ tubuh para korban. Dipastikan pula, tidak ada bahan bahan beracun atau berbahaya pada tubuh keempatnya.

"Hasil Pemeriksaan Lab pada seluruh organ korban tidak ditemukan adanya pestisida, arsen, sianida, dan obat-obatan bahaya lainnya," jelas Wahyu.

Meskipun memang, pada tubuh korban Reni Margaretha memang ditemukan bekas kandungan obat kanker payudara yang dia konsumsi. Identik dengan cairan yang ditemukan di lokasi.

"Kami menemukan di organ Margaretha, ditemukan tamoxifen. Obat kanker payudara. Ini kebetulan di TKP ditemukan cairan bening yang kami periksa ternyata juga terdeteksi mengandung tamoxifen, jadi klop," ungkap Wahyu.

Seperti diketahui, empat orang anggota keluarga ditemukan tewas di Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11).

Jasad satu keluarga yang telah membusuk itu ditemukan pertama kali oleh warga setempat yang terganggu dengan bau tak sedap di permukimannya. Keempat jasad itu yakni Rudyanto Gunawan (71) yang ditemukan dalam posisi tertidur di atas kasur di kamar belakang, istri Rudyanto bernama Margaretha Gunawan (68) ditemukan di kamar depan dalam posisi tertidur di atas kasur, anak dari Rudyanto-Margaretha bernama Dian (40).

Terakhir, ipar dari Rudyanto bernama Budyanto Gunawan yang ditemukan dalam posisi telentang di sofa ruang tamu.

Baca juga:
Tak Ada Unsur Pidana, Penyelidikan Kasus Kematian Keluarga di Kalideres Dihentikan
Urutan Kematian Kasus Keluarga di Kalideres
Polisi Umumkan Penyebab Kematian Sekeluarga di Kalideres pada Jumat 9 Desember
Pakai Cara Ini, Polri Berhasil Ungkap Penyebab Kematian Sekeluarga di Kalideres
Menunggu Janji Polisi Buka-bukaan Soal Penyebab Sekeluarga Tewas di Kalideres

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini