Kasad Soal Demo Jelang Pelantikan Jokowi: Boleh asal Sesuai Aturan

Rabu, 9 Oktober 2019 22:11 Reporter : Merdeka
Kasad Soal Demo Jelang Pelantikan Jokowi: Boleh asal Sesuai Aturan EMTEK bersilaturahmi dengan KASAD. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa mengatakan, aksi demonstrasi yang dilakukan sekelompok masyarakat jelang pelantikan diperbolehkan, asal sesuai aturan.

Hal ini menyikapi soal adanya rencana aksi mahasiswa yang menagih janji Presiden Jokowi untuk mengeluarkan Perppu KPK.

"Demonstrasi sudah diatur oleh UU menyampaikan berpendapat penyampaian pendapat pasti diperbolehkan, tetapi kan ada tetapinya. Misalnya tidak mengganggu hak dan kemerdekaan orang lain, mengikuti aturan moral yang diakui secara umum. Kemudian tidak mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa," kata Andika di kantornya, Jakarta, Rabu (9/10).

Dia menuturkan, pihaknya siap membantu pengamanan. Dan itu sudah dibuktikan dari beberapa kejadian kemarin.

"Kami siap mengerahkan hampir seluruh kekuatan Angkatan Darat untuk membantu. Kami berharap rencana penyampaian pendapat oleh rekan-rekan mahasiswa tanggal 14, bisa dilakukan sesuai aturan," jelas Andika.

Saat disinggung soliditas TNI AD dalam menyikapi demonstrasi, termasuk kepada para purnawirawan yang diindikasi mendukung, menurutnya itu hanya bersifat emosional semata. Semuanya yang aktif, akan tunduk pada perintah komando.

"Kami sayang Purnawirawan, dan kami sangat menghormati, tetapi kami juga punya tugas pokok yang juga diatur komando kami," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini