Kapolri: Hasil Lie Detector Ferdy Sambo Dibuka Semuanya saat Persidangan

Jumat, 30 September 2022 17:17 Reporter : Nur Habibie
Kapolri: Hasil Lie Detector Ferdy Sambo Dibuka Semuanya saat Persidangan DPR rapat dengan Kapolri terkait penembakan Brigadir J. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Ferdy Sambo telah menjalani pemeriksaan dengan menggunakan lie detector atau alat pengungkap kebohongan. Pemeriksaan terkait kasus kematian Brigadir J alias Nofryansyah Yoshua Hutabarat ini dilakukan pada Kamis (8/9) lalu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, lie detector itu merupakan bagian dari alat petunjuk dalam kasus kematian Brigadir J ini.

"Lie detector itu bagian dari alat petunjuk yang nanti bisa digunakan oleh hakim untuk mengambil suatu keyakinan," kata Sigit kepada wartawan, Jumat (30/9).

Jenderal bintang empat ini mengungkapkan, semua itu nantinya akan terungkap dalam persidangan. Termasuk dengan hasil lie detector tersebut.

"(Jujur enggak) itu kan materi, sebentar lagi kan dibuka semuanya di sidang. Semuanya terang, terbuka," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri akan melakukan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo, dengan menggunakan Lie Detector atau alat pengungkap kebohongan. Pemeriksaan ini rencananya akan dilakukan pada Kamis (8/9) besok.

"Untuk FS akan dilaksanakan hari Kamis lusa," kata Dir Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian saat dihubungi, Rabu (7/9).

Ia menyebut, untuk pemeriksaan terhadap eks Kadiv Propam Polri ini dilakukan di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 13.00 Wib.

"Iya, semuanya dilaksanakan di Puslabfor (Sentul Bogor)," sebutnya.

Berkas Lengkap

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan berkas perkara Ferdy Sambo, PutriCandrawathi, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Maruf lengkap. Kelimanya merupakan tersangka pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

"Perkara ini pada hari ini kami nyatakan lengkap untuk (Ferdy Sambo Tersangka) kasus pembunuhan berencana (Brigadir J)," tutur Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (27/9).

Menurut Fadil, berkas perkara seluruh tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J telah memenuhi syarat formil dan materiil.

"Bahwa hubungan koordinasi antara penyidik dan penuntut umum, Kabareskrim dan Jampidum berjalan efektif. Sehingga yang selama ini berkas perkara bolak balik kami tidak ada bolak balik," kata Fadil.

Pelimpahan Tahap II

Polri akan melakukan penyerahan tersangka serta barang bukti atau Tahap II terkait perkara dugaan pembunuhan berencana dan Obstruction of Justice ke Kejaksaan Agung. Penyerahan ini rencananya bakal dilakukan pada Senin (3/10) mendatang.

"Insya Allah, untuk rencana pelimpahan Tahap II akan dilaksanakan penyerahan tersangka serta barang bukti pada hari Senin, tanggal 3 Oktober 2022. Rencana awal sementara ini ya, apabila nanti ada perubahan nantinya akan saya sampaikan kepada rekan-rekan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (28/9).

Ia menyebut, untuk Tahap II ini nantinya akan dilakukan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung.

"Untuk tempat penyerahannya direncanakan di Bareskrim ya. Jadi pada hari Senin, 3 Oktober 2022. Sekali lagi saya sampaikan, untuk penyerahan Tahap II baik tersangka maupun barang bukti, akan kita serahkan kepada Jaksa Penuntut Umum," sebutnya. [ded]

Baca juga:
Kasus Ferdy Sambo, Eks Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Ridwan Didemosi 8 Tahun
Kapolri Bicara Pembenahan Polri: Saya Minta Keluhan Masyarakat Betul-Betul Direspons
Transkrip Lengkap Kapolri: PC Ditahan, Ferdy Sambo Bukan Lagi Anggota Polri
Kapolri Libatkan Penyidik Tipikor Usut Privat Jet Disewa Brigjen Hendra Kurniawan
Istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi Ditahan !
Kapolri: Ferdy Sambo Resmi Sudah Tak Lagi Jadi Anggota Polri
Presiden Jokowi Tanda Tangani Surat Pemecatan Ferdy Sambo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini