Kapal perang TNI AL jaga liburan Raja Salman

Selasa, 7 Maret 2017 20:07 Reporter : Gede Nadi Jaya
Kapal perang TNI AL jaga liburan Raja Salman Kapal perang TNI AL penjaga Raja Salman. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengamanan liburan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud tidak hanya dilakukan di darat maupun udara, tapi juga di laut. Kapal perang milik TNI Angkatan laut, KRI Hiu 634 terlihat berpatroli di perairan Kuta Selatan, tak jauh dari lokasi pantai di dekat hotel St. Regis, tempat Raja Salman menginap selama berlibur di Bali.

Kadispen Armatim Letkol (L) Maman Sulaeman mengatakan, kapal-kapal tersebut memang ditempatkan khusus di sekitar lokasi berlibur para rombongan Raja Arab Saudi. Ada enam kapal yang disiagakan. Kapal perang yang berpatroli diantaranya KRI Sura yang dikomandani Mayor Laut (P) Romi Habe Putra dan KRI Hiu dengan komandan Mayor Laut (P) Sayid Hasan Hutagalung.

"Kapal ini posisinya mobile, jadi bisa mendekat ke perairan dan juga ke tengah laut. Masih di wilayah selatan," Kata Letkol Maman, Selasa (7/3).

Dari enam kapal yang dikerahkan, dua diantaranya berukuran besar dan sisanya berukuran kecil yang difungsikan untuk patroli cepat. Dia menjelaskan, patroli ini akan terus dilakukan sampai ada perintah untuk penghentian.

"Waktunya belum ditentukan, saat ini kami terus melakukan pengamanan laut saja," Akunya.

Seperti diketahui, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menambah waktu berlibur di Bali sampai tanggal 12 Maret 2017. Hal ini merujuk surat yang dikeluarkan Kedubes Arab Saudi untuk Indonesia nomor 211/645, disampaikan ke Kementerian Luar Negeri. Awalnya Raja Salman dan rombongan hanya akan berada di Pulau Bali sampai 9 Maret.

Surat perpanjangan liburan Raja Salman juga telah diterima Polda Bali, selaku komando pengamanan selama rombongan Raja Salman di Bali. "Iya betul bli, berlaku untuk semua rombongan keberangkatannya diundur hingga 12 Maret nanti," Singkat Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja lewat pesan singkatnya, Selasa (7/3).

Terkait soal prosedur pengamanan dengan bertambahnya waktu liburan dari rombongan Raja Arab ini, ditegaskan Hengky tidak ada yang berubah. "Tidak ada penambahan apalagi pengurangan pengamanan. Masih tetap pengamanan dan pengawalan yang kita berikan sesuai awal," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini