Kapal LCT Mutiara 77 Terbalik, 1 Karyawan Tambang Tewas

Minggu, 1 Desember 2019 09:14 Reporter : Saud Rosadi
Kapal LCT Mutiara 77 Terbalik, 1 Karyawan Tambang Tewas Kapal LCT Terbalik. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapal landing craft tank (LCT) Mutiara 77 terbalik di perairan Sungai Kedang Kepala, kecamatan Muara Kaman, di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Enam muatan ekskavator, berikut 2 ABK tenggelam. Satu karyawan perusahaan tambang batubara ditemukan meninggal dan satu lagi masih dicari.

"Kejadiannya sekitar jam 3.30 pagi. LCT berlayar dari Kutai Barat, menuju ke Kutai Timur," kata Kasi Angkutan Sungai dan Dermaga Dinas Perhubungan Kota Samarinda Teguh Setyawardana dikonfirmasi merdeka.com, Minggu (1/12) pagi.

Teguh mendapat informasi dari pengawas Dermaga Aji Imbut Tenggarong Noviar. Teguh menerangkan, saat berlayar, LCT memuat 6 ekskavator Komatsu PC 130, 4 orang kru, dan 10 karyawan perusahaan tambang batubara. Tiba-tiba, LCT miring ke kiri saat melintas di Sungai Kedang Kepala, Muara Kaman.

"Juru mudi kemudian teriak kapal posisi miring. Sehingga, kru dan karyawan perusahaan yang tidur di dalam dek terbangun. Semua muatan LCT tumpah ke sungai," ujar Teguh.

1 dari 1 halaman

1 Orang Hilang

Semua kru kapal dan 8 karyawan perusahaan tambang, berhasil menyelamatkan diri dari peristiwa itu. "Ada 2 karyawan perusahaan, yang tenggelam. Satu berhasil ditemukan kondisi meninggal dunia. Satu lagi, belum ditemukan," terang Teguh.

Sementara ini, 4 orang saksi yang terdiri dari 2 ABK LCT Mutiara 77, serta 2 karyawan perusahaan tambang, dimintai keterangan terkait peristiwa kecelakaan di perairan itu.

"Yang ditemukan meninggal atas nama Bima Purba usia 21 tahun. Yang masih dicari adalah Suan," sebut Teguh.

Masyarakat sekitar yang tinggal di Desa Kupang Baru, Muara Kaman, turut membantu upaya pencarian korban dengan menggunakan perahu sampai dengan pagi ini. "Kerugian materi dari peristiwa itu sekitar Rp13 miliar," katanya. [eko]

Baca juga:
Dua Nelayan Korban Kapal Terbalik di Pantai Watu Lumbung Ditemukan Tewas
Kapal Terbalik Diterjang Ombak, Ayah dan Anak di Gunungkidul Dinyatakan Hilang
Kapal Elisa Putri Terhempas di Pantai Sancang, Satu Nelayan Hilang
Kapal Tenggelam Disambar Petir di Nias Selatan, 1 Nelayan Meninggal, 4 Hilang
Kapal Pengungsi Rohingya Tenggelam di Teluk Bengali, 122 Penumpang Selamat
Perahu Nelayan Terbalik di Pantai Selatan Garut, Satu Warga Meninggal

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kapal Tenggelam
  3. Kutai Kartanegara
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini