Kampanye di Tempat Ibadah, Caleg Partai Gerindra Jadi Tersangka

Selasa, 16 April 2019 23:18 Reporter : Arie Sunaryo
Kampanye di Tempat Ibadah, Caleg Partai Gerindra Jadi Tersangka Ilustrasi Pemilu. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - NR caleg Partai Gerindra Dapil Jateng V, ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pemilihan umum. Penetapan tersangka setelah NR diduga melakukan kampanye di salah satu tempat ibadah di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Maret lalu.

Tersangka diduga membagikan kalender berisikan muatan kampanye serta simulasi pencoblosan dan sejumlah uang tunai, saat diadakan acara di tempat ibadah itu.

"Kami mendapatkan laporan dari masyarakat. NR melakukan kampanye di salah satu tempat ibadah di daerah Kartasura, Sukoharjo,: ujar Divisi Hukum, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, Muladi Wibowo, Selasa (16/4) malam.

Menurut Muladi, selain kalender, NR juga membagikan uang senilai Rp 300 ribu untuk kas komunitas yang ada di acara tersebut. Usai mendapatkan laporan masyarakat, pihaknya melakukan penyelidikan dan pendalaman. Sehingga ditemukan adanya tindak pidana pemilu.

"Dari hasil pembahasan Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) kasus ini kami limpahkan ke Polres Sukoharjo," katanya.

Kendati telah dilimpahkan, namun ke polisian hingga saat ini belum melakukan pemeriksaan. Muladi menduga polisi mengalami kendala, yakni tersangka baru saja melahirkan.

Dihubungi terpisah l, Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, AKP Rifeld Contantien Baba mengaku belum bisa memberikan keterangan.

"Kasusnya masih dalam penyidikan kepolisian, jelasnya.

Sementara itu Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno membenarkan adanya kasus yang menimpa rekannya. Meski sudah menerima informasi mengenai kasus ini dari berbagai pihak, namun ia belum mengkonfirmasi pada NR.

"Partai Gerindra siap memberikan advokasi, karena dia merupakan pengurus DPC Gerindra Solo," pungkas dia. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini