KA Lodaya Jurusan Solo-Bandung Anjlok di Nagreg, Tak Ada Korban

Rabu, 29 Mei 2019 20:32 Reporter : Aksara Bebey
KA Lodaya Jurusan Solo-Bandung Anjlok di Nagreg, Tak Ada Korban Penambahan Kerikil di Jalur Kereta Api. ©2019 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Kereta Api Lodaya jurusan Solo Balapan-Bandung anjlok di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (29/5/2019). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Manajer Humas PT KAI DAOP 2 Bandung, Noxy Citrea menjelaskan ada masalah teknis yang menyebabkan kereta anjlok di wilayah KM 194-192. Pihaknya meminta maaf terkait ketidaknyamanan terkait peristiwa itu.

"Kami dari KA DAOP 2 mohon maaf sebesar-besarnya kami segera melakukan evakuasi agar perjalanan kembali normal dari DAOP sendiri kami sudah memberangkatkan kereta penolong untuk mengevakuasi kereta anjlok tersebut," ujar Noxy, Rabu (29/5).

"Saat kejadian, ada sebanyak 95 orang dewasa dan infant," sambungnya.

Lebih lanjut Noxy menyampaikan di musim mudik tahun 2019 penumpang yang memanfaatkan moda kereta api dari DAOP 2 diprediksi sebanyak 1.156.060 orang. Jumlah itu meningkat sekitar 6 persen dibanding tahun 2018 yang mencapai 1.080.527 penumpang. Adapun kapasitas harian, kereta bisa menampung 53.108 penumpang.

Ia menyatakan, masa puncak mudik untuk KA Utama jenis Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi Jarak Jauh diperkirakan terjadi pada H-5, Kamis (31/05). Sementara untuk KA Lokal diprediksi terjadi pada H-4 Sabtu (01/06). Sedangkan untuk arus balik KA Utama dan KA Lokal diperkirakan akan terjadi pada H +3, Minggu (9/06).

"Secara keseluruhan, tingkat keterisian kereta untuk angkutan Lebaran 2019 sudah mencapai sekitar 80%. Artinya masih ada seat yang tersedia baik di KA Reguler maupun di KA Tambahan," terangnya.

Namun untuk kereta ekonomi jarak jauh seperti KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar, okupansinya sudah 100%, begitupun untuk KA Pasundan Lebaran," jelas Noxy.

Namun menurutnya, masih ada juga kursi yang tersedia untuk tanggal-tangal tertentu sepeti pada KA Lodaya, Argo Wilis, Turangga, Harina, Ciremai, Malabar, Mutiara Selatan, Kutojaya Selatan dan KA Lodaya Lebaran serta Kutojaya Lebaran.

Noxy berharap agar masyarakat mengatur jadwal keberangkatan dan segera melakukan pemesanan hingga mudik bersama keluarga akan lancar. Pemesanan tiket dapat dilakukan secara online di wesite kai.id, melalui aplikasi KAI Access yang dapat diunduh di smartphone, atau di chanel eksternal yang sudah bekerjasama dengan PT KAI. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini