Jokowi: Vaksinasi Indonesia Nomor 4 Dunia

Senin, 17 Januari 2022 10:44 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Vaksinasi Indonesia Nomor 4 Dunia Presiden Jokowi Kunjungi Jateng Januari 2022. ©Instagram/@jokowi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Indonesia naik ke peringkat empat dunia. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pidatonya di Dies Natalis Ke-67 Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1).

"Kita ini vaksinasi nomor 4 di dunia setelah China, Brazil, Amerika, kemudian Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi memberikan apresiasi kepada TNI/Polri yang memberikan dukungan dalam program vaksinasi di Indonesia.

Jokowi menambahkan, jumlah capaian vaksinasi di Indonesia mulai meningkat. Hingga saat ini capaian vaksinasi mencapai 297 juta dosis vaksin yang sudah disuntikan masyarakat di seluruh tanah air.

"Vaksinasi 297.500.000 dosis angka yang tidak kecil," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, terdapat 30 provinsi telah mencapai target diatas 70%. Salah satunya Jawa Barat.

"Di atas 70% ini termasuk Jawa Barat, karena tadi Pak Gubernur bisik-bisik ke saya, Pak Jawa Barat sudah 83%. Iya-iya," ungkap Jokowi.

Dia menuturkan capaian 297 juta dosis vaksin tersebut bukanlah hal mudah. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan, butuh perjuangan untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh daerah hingga pelosok-pelok di tanag air.

"Menyuntikan 297 juta kali, ke 17 ribu pulau, 514 kab/kota, 34 provinsi. Bukan barang yang mudah, ada yang harus naik perahu, ada yang ke gunung menggunakan sepeda motor, bukan barang yang mudah," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Sementara itu, Pada 10 Januari 2022, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jumlah vaksinasi di Indonesia melampaui capaian vaksin di Brazil. Total dosis vaksin Covid-19 yang sudah disuntikkan kepada masyarakat Indonesia sebanyak 169 juta. Brazil baru menyuntikkan 166 juta dosis vaksin.

Posisi Indonesia kini berada di bawah China yang sudah menyuntikkan 1,2 miliar dosis vaksin, India 880 juta, dan Amerika Serikat 246 juta.

Budi menyebut, pemerintah sudah mengamankan 446 juta dosis vaksin Covid-19. Jumlah vaksin yang sudah diberikan kepada masyarakat sebanyak 288 juta, dengan rincian 170 juta dosis pertama dan 116 juta dosis kedua.

"Jadi kalau sudah disuntikkan 288 juta, masih ada lebih dari 150 juta dosis yang bisa kita suntikkan," sambungnya.

Menurut Budi, hingga saat ini, hampir seluruh provinsi di Indonesia sudah mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama. Hanya lima provinsi yang belum mencapai target 70 persen, yakni Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Sudah hampir semua provinsi mencapai 70 persen yang minggu lalu masuk adalah Aceh dan Kalimantan Barat. Selamat untuk Aceh dan Kalimantan Barat," kata Budi mengakhiri. [rnd]

Baca juga:
Aksi Spiderman Menghibur Anak-Anak Saat Divaksin
KSP: Presiden Jokowi Larang Sekolah Minta Orang Tua Teken Surat Vaksinasi Murid
Tingkat Vaksinasi Tinggi, Pemerintah Tambah Kapasitas Penonton MotoGP Mandalika
Menko Luhut: Syarat Aktivitas di Ruang Publik Diperketat, Harus Sudah Dua Kali Vaksin
Ketika Superhero Suntikkan Vaksin Covid-19 untuk Anak-Anak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini