Jokowi: Jangan sampai mobil ditarik dealer, sertifikat diambil bank

Kamis, 25 Oktober 2018 19:19 Reporter : Saud Rosadi
Jokowi: Jangan sampai mobil ditarik dealer, sertifikat diambil bank Jokowi salami warga di Samarinda. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 5.000 sertifikat tanah kepada warga Kaltim dan Kaltara, di halaman parkir GOR Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur. Dia meminta, sertifikat tanah itu tidak sampai kemudian diambil bank.

Pernyataan Jokowi itu bukan tanpa alasan. Dia mengamati, tidak sedikit warga yang telah mengantongi sertifikat tanah, kemudian menjadikannya sebagai jaminan untuk pinjaman uang ke bank.

"Kalau pegang sertifikat, sertifikat disekolahkan. Jadi jaminan sih tidak apa-apa, tapi sebelumnya, mesti diperhatikan betul," kata Jokowi di hadapan warga, Kamis (25/10).

Jokowi mengingatkan, masyarakat yang sudah mengantongi sertifikat tanah, dan menjadikannya jamianan di bank, juga harus sanggup membayar rutin cicilan pinjaman kepada bank. "Dipikirkan betul. Bisa bayar tidak? Jangan (dijaminkan) kalau tidak sanggup. Biasanya, dapat pinjaman Rp 300 juta, Rp 100 juta untuk beli mobil," ujar Jokowi.

"Hati-hati, saya titip betul. Jangan sampai mobil ditarik dealer, sertifikat diambil bank. Saya titip (mengingatkan warga) soal itu," tambahnya.

Jokowi juga meminta masyarakat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara menggunakan pinjaman keuangan sebagai modal kerja. "Untuk invesasi, modal usaha. Saya titip betul. Karena, Bapak Ibu sudah pegang bukti kepemilikan (tanah)," terangnya.

Saat ini menurut Jokowi, ada 126 juta bidang lahan dan tanah di Indonesia, belum bersertifikat. "73 tahun Indonesia merdeka, baru 46 juta yang bersertifikat," ungkap Jokowi

David Warokan (55) usai menerima sertifikat tanahnya, mengaku sudah mengurus sejak lama. "Sudah pernah urus, tapi tidak selesai. Mungkin karena birokrasi. Saya senang sekali sudah bersertifikat. Mudah-mudahan tiap tahun ada seperti ini," sebut David, seraya menambahkan tidak ada pungutan biaya saat dia mengurus sertifikat tanah. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini