Jelang Puncak Haji, Kendaraan Masuk Kota Makkah Diperiksa Ketat

Minggu, 26 Juni 2022 00:20 Reporter : Lia Harahap
Jelang Puncak Haji, Kendaraan Masuk Kota Makkah Diperiksa Ketat Pemeriksaan kendaraan masuk Kota Makkah. ©2022 Merdeka.com/Lia Harahap

Merdeka.com - Puncak haji diperkirakan jatuh pada awal Juli 2022 mendatang. Saat ini, Saudi mulai melakukan pemeriksaan ketat pada setiap kendaraan yang akan masuk Kota Makkah baik dari arah Jeddah, maupun Madinah.

Pantauan tim Media Center Haji (MCH) yang melakukan perjalanan dari Jeddah ke Makkah, ada tiga titik check point pemeriksaan. Petugas keamanan melakukan pemeriksaan dokumen bagi setiap kendaraan yang menuju tanah haram.

Nur Hasan, warga yang sudah lama menetap di Arab Saudi, mengatakan pos pemeriksaan dokumen seperti ini biasanya akan terus diperketat seiring semakin dekatnya puncak musim haji.

"Kalau di hari-hari biasa, paling hanya ada satu check point di gerbang utama masuk kota Makkah saja. Tapi kalau semakin dekat puncak haji, jumlah check point diperbanyak, bisa sampai tujuh," kata Hasan, Sabtu (25/6).

Pemeriksaan yang dilakukan petugas diawali dengan permintaan agar pengendara mobil memperlambat laju kendaraan. Kemudian, petugas meminta pengemudi dan penumpang menunjukkan dokumen, seperti tasrih atau surat izin.

Bila pengendara tidak bisa menunjukkan surat izin atau dokumen pribadi lainnya, seperti paspor, maka kendaraan tidak diperbolehkan memasuki kota Makkah dan diminta putar balik.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan Ketat di Bandara

di bandara rev1

Pemeriksaan ketat juga berlaku untuk setiap kendaraan yang masuk ke area Terminal Khusus Bandara King Abdulaziz International Airport (KAIA). Ada check point di mana kendaraan akan dicek dan hanya yang memiliki izin bisa masuk. Padahal sebelumnya, kata Hasan, akses masuk bandara masih cukup longgar. Namun saat ini mulai diperketat.

"Petugas haji Indonesia yang tidak memiliki tasrih dilarang masuk ke bandara, biasanya cukup longgar," pungkas Nur Hasan.

Seperti diketahui, untuk jemaah haji Indonesia sendiri, jadwal closing date menuju Makkah adalah tanggal 3 Juli 2022 mendatang. Sedangkan jemaah yang sudah berada di Madinah, pemberangkatan terakhir menuju Makkah pada 27 Juli mendatang. [bal]

Baca juga:
Jelang Puncak Haji, Kendaraan Masuk Kota Makkah Diperiksa Ketat
Jamin Layanan Terbaik ke Semua Jemaah, Kapuskes Haji Ingatkan Tetap Jaga Prokes
Sempat Memaksa, Sales Kartu Perdana di Bandara Jeddah Kini Tak Lagi Ganggu Jemaah
Sempat Memaksa, Sales Kartu Perdana di Bandara Jeddah Kini Tak Lagi Ganggu Jemaah
Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi saat Pulang ke Tanah Air
Data per 25 Juni: 65.134 Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Arab Saudi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Haji 2022
  3. Haji
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini