Jelang Lebaran, Polisi Sebut Pelabuhan Merak Sepi Pemudik

Jumat, 22 Mei 2020 22:34 Reporter : Nur Habibie
Jelang Lebaran, Polisi Sebut Pelabuhan Merak Sepi Pemudik aktifitas di pelabuhan merak. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi mengatakan, kondisi di Pelabuhan Merak jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah sudah mulai sepi dari kendaraan yang mudik. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan penyekatan dan pemeriksaan di pos tersebut.

"Kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ini sebanyak 132 unit membawa logistik dan perjalanan dinas, aktivitas pelabuhan sangat sepi, sudah tidak ada kendaraan pribadi hanya barang sama logistik. Ini tandanya kesadaran masyarakat untuk tidak mudik sudah bagus," kata Edy dalam keterangannya, Jumat (22/5).

Menurutnya, sepinya pemudik di Pelabuhan Merak karena sudah tingginya kesadaran masyarakat dalam mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak melakukan mudik lebaran 2020.

Lalu, selama polisi melakukan penyekatan di sejumlah titik, Edy mengklaim, belum adanya pemudik yang lolos dari penjagaan petugas di lapangan. Meskipun segala macam modus telah dilakukan oleh masyarakat (pemudik).

"Sampai dengan saat ini kita telah berhasil melakukan upaya penyekatan menghalau upaya masyarakat yang akan mudik, berbagai macam modus mudik terjadi seperti menggunakan jasa truk, jasa travel, sampai dengan sepeda motor pemudik yang diangkut dalam truk seolah-olah truk logistik," jelasnya.

"Kita lakukan pemeriksaan lalu kita himbau dan kita kembalikan atau putarbalik. Sampai dengan saat ini belum ditemukan ada yang lolos untuk mudik," sambungnya.

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dan Kementerian Agama dalam melaksanakan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, yakni dengan melakukan solat Idul Fitri di rumah dan tidak melakukan pawai lebaran.

"Kebijakan ini bertujuan untuk memutus penyebaran mata rantai Covid-19 dan kegiatan yang kami laksanakan merupakan wujud dukungan Polri terhadap kebijakan pemerintah" tutupnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini