Istana Bantah Presiden Jokowi Abai Soal UU KPK

Sabtu, 2 November 2019 10:39 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Istana Bantah Presiden Jokowi Abai Soal UU KPK jokowi dan pratikno. ©2019 Merdeka.com/antara

Merdeka.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menipis kabar bahwa Presiden Joko Widodo tidak peduli terkait penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk mencabut UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hasil revisi. Menurut dia, Presiden Jokowi saat ini sedang menunggu keputusan proses uji materi UU KPK di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi sekali lagi bapak Presiden itu ingin menekankan bahwa ini penekanannya bukan perppu atau tidak perppu, tapi penekanannya adalah menghargai proses hukum yang sedang berlangsung di MK," kata Pratikno di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (2/11).

Sebelumnya diketahui Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan untuk saat ini dirinya tak akan menerbitkan perppu untuk mencabut UU KPK hasil revisi. Presiden Jokowi mengaku menghormati proses uji materi UU KPK di MK.

"Kita melihat bahwa sekarang ini masih ada proses uji materi di MK. Kita harus menghargai proses-proses seperti itu," kata Presiden Jokowi.

Sementara, KPK pasrah terkait keputusan Presiden Jokowi tak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu untuk mementahkan UU KPK hasil revisi. KPK menilai keputusan mengeluarkan Perppu merupakan hak kewenangan Presiden Jokowi.

"Diterbitkan atau tidak diterbitkannya Perppu itu menjadi domain dari Presiden karena itu kewenangan dari Presiden. Jadi terserah pada presiden," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini