'Indonesia Makin Dewasa, Suasana Politik Berikan Dampak Positif Ekonomi'

Selasa, 15 Januari 2019 08:32 Reporter : Darmadi Sasongko
'Indonesia Makin Dewasa, Suasana Politik Berikan Dampak Positif Ekonomi' Deputi Gubernur Bank Indonesia Dr Sugeng. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Hiruk-pikuk politik di Indonesia justru memberikan dampak positif bagi dunia ekonomi. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kedewasaan bangsa Indonesia dalam berpolitik.

"Kalau di dalam prediksi ekonomi kita, Pemilu malah menyumbang, additional untuk growth. Dampaknya sekitar 0,3 persen dalam additional growth kita," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dr Sugeng, di Kota Malang, Senin (14/1).

Sugeng mengatakan, suasana pemilu juga meningkatkan jumlah pesanan untuk komoditas-komoditas tertentu yang berpotensi pada pengembangan iklim ekonomi. Kondisi ini sudah berbeda dengan Pemilu 5 atau 10 tahun lalu.

"Kalau ada pemilu justru malah barokah, ada pesanan kaos, spanduk-spanduk, bendera, logistik, makanan tambah itu. Semakin laris," kata Sugeng mencontohkan.

"Begitu ada tekanan dari pemilu, buktinya ekonomi 2018 masih tumbuh di atas 5 persen, inflasinya rendah. Jarang lho, dibanding negara berkembang lain-lainnya," sambungnya.

Menurutnya, gaduh politik yang terjadi hanya di media sosial tidak berdampak besar.

"Kalau kami melihat proses politik di Indonesia semakin dewasa. Kita compare dengan Pakistan, lebih dari 100 jiwa meninggal menjadi korban, di Mexico juga serem lagi. Di medsos saja gertak-gertakan, setelah ketemu salam-salaman. Mudah-mudahan ini bagus, sudah dewasa. Kelihatannya serem tetapi sebetulnya dalam kenyataannya bersahabat," urainya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia berada di Kota Malang dalam prosesi pelantikan Azka Subhan Aminuridho, sebagai Kepala BI Malang. Posisinya menggantikan Dudi Herawadi, yang memasuki masa pensiun sejak 1 September 2018 lalu. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pemilu 2019
  3. Pilpres 2019
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini