Hujan Deras di Bogor, 7 Rumah Tertimpa Longsor dan Pohon Tumbang

Minggu, 13 Oktober 2019 11:24 Reporter : Rasyid Ali
Hujan Deras di Bogor, 7 Rumah Tertimpa Longsor dan Pohon Tumbang Tanah longsor di Bogor. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat 7 rumah warga rusak akibat tertimpa longsor dan pohon tumbang. Hal ini terjadi usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kota Bogor, Sabtu (12/10) sore.

Anggota Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Bogor, Achmad Maulana menjelaskan, rumah rusak tersebar di tiga kecamatan yakni Bogor Selatan, Bogor Timur dan Bogor Barat.

Di Kecamatan Bogor Selatan, terdapat 4 rumah terdampak longsor, Bogor Timur 2 rumah dan 1 rumah di Bogor Barat tertimpa pohon.

Hasil observasi, rumah paling parah terdampak longsor ada di wilayah Bogor Timur. Karena longsor di lokasi itu disebabkan tembok penahan tanah pembangunan sebuah mal roboh dan menimpa dua rumah.

"Ada satu korban luka atas nama Sarjono. Luka pada bagian kepala tertimpa material bangunan. Sudah dibawa ke klinik untuk perawatan," kata Achmad.

Penanganan pertama telah dilakukan BPBD untuk warga terdampak. Dia mengimbau warga yang tinggal di wilayah rawan bencana waspada kala hujan deras terjadi.

"Kami harap warga yang tinggal di bantaran kali atau tebingan lebih waspada saat cuaca sedang turun hujan," katanya.

Tembok mal ambrol

Tembok penangan tanah dari proyek pembangunan Mall Boxis 123, ambrol dan menimpa dua rumah warga di Kampung Gandok RT01/06, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur.

Tebing setinggi 8 meter dengan tebal 20 sentimeter itu ambrol saat hujan deras Sabtu sore hingga malam.

Ketua RT setempat, Amak Madsuri menjelaskan, tanah yang labil ditambah guyuran hujan deras, membuat tembok ambrol dan menimpa rumah warga.

"Kejadinnya Sabtu jam setengah 6 sore. Ada korban luka tapi sudah dibawa ke klinik. Total KK ada dua, satu KK atas nama pak Agung dan 1 KK lagi atas nama Pak Sandi dengan jumlah 8 jiwa. Rumah Pak Sandi itu yang paling parah," katanya

Dia menambahkan, seluruh korban terdampak telah diungsikan ke rumah RW setempat. "Untuk korban sudah diungsikan ke rumah Pak RW," kata dia. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini